Lihat ke Halaman Asli

Hilal Anwari

Pelajar/Mahasiswa

KKN UNISNU Jepara Lakukan Sosialisasi Anti-Bullying di SD Negeri 1 Klumpit, Gebog, Kabupaten Kudus

Diperbarui: 9 Agustus 2024   08:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tim KKN Mahasiswa UNISNU Jepara Melakukan Kegiatan Sosialisasi Anti Bullying/dokpri 

Maraknya kasus bullying atau perundungan di sekolah dasar menjadi hal serius yang perlu diperhatikan. Tindakan bullying merupakan tindakan agresif yang dilakukan oleh kelompok atau seseorang yang dapat menimbulkan kekerasan fisik maupun psikologis korban. Trauma dan ketakutan akan terjadi jika pelaku secara terus menerus melakukan tindakan tersebut kepada korban.

Tim KKN Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara melakukan kegiatan sosialisasi anti bullying di SDN 1 Klumpit pada hari Rabu, 24 Juli 2024. Salah satu sekolah dasar favorit yang bertempat di sekitar Balai Desa Klumpit, Kecamatan Gebog,  Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa siswi SD Negeri 1 Klumpit yang berjumlah sekitar 120 siswa di Aula sekolah.

Suasana Ruangan Kegiatan Sosialisasi Anti Bullying Bersama Mahasiswa KKN UNISNU Jepara/dokpri

Kegiatan ini berfokus pada Sosialisasi Anti Bullying guna bertujuan untuk Menciptakan peserta didik yang memiliki karakter peduli sesama teman, hormat kepada guru dan saling menyayangi satu diantara yang lain. Kegiatan ini berlangsung sangat menarik antusias dari para siswa dan siswi SDN 1 Klumpit dengan diawali dengan jalan sehat mengelilingi perumahan warga sekitar lokasi sekolah. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi tersebut.

Pada saat kegiatan berlangsung mahasiswa KKN UNISNU Jepara mengajak para siswa dan siswi untuk melihat sebuah film atau video durasi pendek guna untuk mempertontonkan bagaimana sebab akibat bullying terjadi dan mengajarkan berbagai macam tepuk anti bullying guna mengingatkan kepada siswa/siswi SDN 1 Klumpit untuk tidak melakukan bullying baik kepada temannya maupun kepada orang lain.

Foto Bersama Mahasiswa KKN UNISNU Jepara dengan Guru SDN 1 Klumpit/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline