Oleh :
Dosen Pembimbing : Masnuna. S.T., M.sn.
Nama Mahasiswa : Hilal alfi firdaus
Dalam sebuah perpaduan yang penuh kreativitas dan semangat kolaborasi, Warung Bu Sugik telah merangkul Bhineka Advertising dan mahasiswa Prodi DKV - UPN Veteran Jatim dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023. Kolaborasi ini bukan sekadar menjalin hubungan bisnis, melainkan bertujuan untuk menciptakan identitas visual yang unik dan mencolok bagi Warung Bu Sugik, yang diharapkan bisa menjadi warung kuliner yang telah melekat di hati masyarakat setempat.
Proses dimulai dengan Bhineka Advertising berinteraksi secara intensif dengan pemilik Warung Bu Sugik. Diskusi ini menjadi landasan penting untuk memahami visi, nilai, dan karakter yang ingin diwakili melalui identitas visual baru. Melalui pemahaman yang mendalam ini, tim kreatif dari Bhineka Advertising, didukung oleh peserta magang dari PKKM UPN "Veteran" Jawa Timur, mulai merancang desain-desain yang tak hanya estetis, tetapi juga bermakna.
Dalam dinamika kolaborasi, desain banner muncul sebagai elemen kunci dalam menciptakan identitas visual Warung Bu Sugik. Banner tersebut berisi dengan nama warung yang menarik perhatian, secara visual mencerminkan esensi unik dari Warung Bu Sugik. Sementara itu, desain banner menu dikembangkan dengan kecermatan tinggi, memastikan estetika yang sesuai dan keterbacaan optimal agar pelanggan dengan mudah menjelajahi pilihan hidangan yang ditawarkan.
Maka dari itu isi dari desain banner yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan dari Warung Bu Sugik itu sendiri contohnya dalam banner signage nama Warung Bu Sugik menggunakan background macam macam produk yang dijual oleh Bu Sugik dan menggunakan font yang jelas dan warna yang kontras sehingga dapat terbaca dengan jelas, dan menjadikan Warung Bu Sugik memiliki identitas yang menarik dan dalam banner menu tercantumkan dengan jelas jenis jenis makanan yang dijual oleh Bu Sugik yaitu ronde,angsle,ketan sambal,ketan cokelat dan keju,klepon,rujak manis dan rujak gobet, serta untuk menunjang aspek visual ditambahkan foto dari produk yang dijual oleh Bu Sugik sehingga menjadikannya lebih menarik, terdapat banner lainnya yang menjadikan contoh produk yang dijual dan disusun dengan mempertimbangkan aspek estetika yang menjadikan orang akan tertarik melihatnya
Tantangan menarik lainnya muncul dalam pembuatan desain banner khusus untuk menu makanan. Dengan antusiasme tinggi, peserta magang PKKM UPN "Veteran" Jawa Timur menggambarkan dengan detail menu-menu khas Warung Bu Sugik, termasuk klepon, rujak, berbagai varian ketan, ronde, angsle, dan lainnya. Desain ini tak hanya membangkitkan selera visual, tetapi juga menciptakan keseimbangan estetika yang menarik.
Proses kreatif ini tidak hanya mengandalkan keahlian desain semata, melainkan juga memerlukan pemahaman mendalam tentang preferensi target pasar Warung Bu Sugik. Peserta magang PKKM UPN "Veteran" Jawa Timur aktif terlibat dalam melakukan riset pasar, mempertimbangkan elemen-elemen desain yang sesuai dengan citra dan kebutuhan warung tersebut.
Setelah melalui beberapa iterasi dan proses revisi yang matang, desain-desain akhirnya memperoleh persetujuan dari Warung Bu Sugik. Bhineka Advertising, sebagai mitra kreatif, selanjutnya mengambil alih tanggung jawab mencetak banner tersebut dengan mempertimbangkan aspek penggunaannya di luar ruangan. Pemilihan bahan berkualitas tinggi yang tahan cuaca menjadi pertimbangan utama, memastikan keberlanjutan dan daya tahan desain identitas visual tersebut.