Lihat ke Halaman Asli

3.2.a.10.Aksi Nyata: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 17 Oktober 2021   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Nama Peserta :Hikmawati S.Pd.AUD

CGP Angkatan 2

TK Melati Toloa Kota Tidore kepulauan Maluku Utara

1.Peristiwa (facts)

A.Latar Belakang

Guru sebaiknya memiliki kecakapan memimpin, artinya dapat mempengaruhi, mengarahkan, membimbing, memotivatasi murid  agar dapat belajar dengan baik dan murid belajar tanpa merasa diperintah.

Mengajar merupakan serangkaian proses pendidikan untuk membantu murid  lebih memahami dan menguasai sesuatu. Guru mendorong siswa terus belajar bagaimana seharusnya belajar yang efektif.

Guru dalam kelas berperan sebagai pemimpin. Tugasnya adalah mempengaruhi Murid  melalui pengembangan  pengorganisasian pembelajaran,karena itu seorang guru haruslah mampu membawa perubahan baik di kelas, sekolah, maupun lingkungan sekitar ke arah yang lebih baik. Jiwa kepemimpinan seorang guru sangat diperlukan dalam mengelola pembelajaran di kelas.

Sukses pembelajaran bergantung pada kemampuan guru memimpin dan mengorganisasikan pembelajaran dalam kelas sehingga dapat mewujudkan produk belajar sesuai dengan tujuan.

Dalam memimpin pembelajaran dikelas dapat dilihat dari bagaimana dia mengelola kelas, melakukan inovasi dalam pembelajaran, dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada baik di kelas maupun di sekolah.

Selain sebagai pemimpin dalam pembelajaran, guru juga dituntut mampu menjadi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya  dimana Guru dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan segala sumber daya/kekuatan/potensi yang ada untuk meningkatkan kulaitas atau membuat suatu perubahan ke arah yang lebih baik dan berdampak positif bagi murid dan sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline