Lihat ke Halaman Asli

Tugas Modul 2.1 - 2.2.a.10 Aksi Nyata Pembelajaran Berdeferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional

Diperbarui: 9 September 2021   05:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PGP-2-Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara-Hikmawati 

Aksi Nyata Modul 2.1 & 2.2

2.2 - 2.2. AKSI NYATA  PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI 

DAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

A..Latar Belakang

Modul 2 Program Guru pengerak ini membahas beberapa submodul yang terdiri pembelajaran berdeferensiasi,pembelajaran sosial emosional dan Coaching ,ketiga submodul yang sangat berkaitan untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan Alur MERRDEKA belajar , yang diawali dengan Mulai dari Diri, lalu dilanjutkan dengan Eksplorasi Konsep; Ruang Kolaborasi; Refleksi Terbimbing; Demonstrasi Kontekstual; Elaborasi Pemahaman; Koneksi Antarmateri; dan ditutup dengan Aksi Nyata. 

Dengan model pembelajaran yang berbasis pengalaman seperti ini dapat mewujudkan guru dan murid merdeka yang menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Menurut Tomlinson (2000), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid ,

Pembelajaran berdiferensiasi Bukan  berarti bahwa guru harus memperbanyak jumlah soal untuk murid yang lebih cepat bekerja dibandingkan yang lain. mengelompokkan yang pintar dengan yang pintar dan yang kurang dengan yang kurang. Bukan pula memberikan tugas yang berbeda untuk setiap anak. 

Pembelajaran berdiferensiasi bukanlah sebuah proses pembelajaran yang semrawut (chaotic), yang gurunya kemudian harus membuat beberapa perencanaan pembelajaran sekaligus, dimana guru harus berlari ke sana kemari untuk membantu si A, si B atau si C dalam waktu yang bersamaan. 

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline