Lihat ke Halaman Asli

Hikmatul M

Mahasiswa

Aspek-aspek Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini

Diperbarui: 2 November 2021   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Aspek-aspek evaluasi pembelajaran anak usia dini

Masa keemasan anak usia dini dimulai sejak 0-5 tahun, pada masa ini perkembangan anak berkembang dengan sangat pesat dan baik jika diberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. 

Dikenal juga sebagai periode kritis yang hanya terjadi sekali seumur hidup dan fundamental dimana pendidikan yang akan diberikan menjadi dasar bagi kehidupannya. Pendidikan merupakan salah satu faktor utama bagi maju atau tidaknya suatu bangsa. 

Khususnya pendidikan yang pertama kali akan diterima oleh anak yaitu pendidikan anak usia dini. Anak merupakan aset terpenting dalam suatu bangsa, karena di masa yang akan datang mereka akan meneruskan perjuangan kita. Baik di bidang pendidikan, kesehatan, kemiliteran dan lain sebagainnya.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan maksud atau tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara terpadu atau yang lebih menekankan kepada pengembangan seluruh aspe kepribadian anak (Nilawati, 2015). 

Guru bisa mengetahui perkembangan anak melalui informasi yang diperoleh dari hasil penilaian. 

Melalui informasi ini akan dijadikan  sebagai panduan dalam  mengambil tindakan terkait dengan perencanaan dan proses pembelajaran. 

Untuk itu adanya evaluasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dalam peraturan pemerintah RI no 137 tahun 2014 evaluasi pembelajaran mencakup evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk menilai keterlaksanaanya rencana pembelajaran. Evaluasi pembelajaran anak usia dini adalah suatu proses  untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan anak mulai dari pelaksanaan, proses dan hasil pembelajaran.

Dalam evaluasi pembelajaran tidak hanya terdapat konsep dasar evaluasi, perencanaan evaluasi, instrumen evalusi, tahapan dan teknik evaluasi. Melainkan adanya aspek-aspek evaluasi juga perlu diperhatikan dan diketahui oleh pendidik. Namun sebelum itu kita harus tahu terlebih dahulu  apa saja karakteristik anak usia dini.

Karakteristik anak usia dini yaitu :

  • Unik
  • Berada dalam masa potensial
  • Relatif spontan
  • Cenderung ceroboh dan kurang perhitungan
  • Aktif dan energik
  • Egosentris
  • Memiliki rasa ingin tahu yang kuat
  • Berjiwa petualang
  • Memiliki imajinasi dan fantasi yang tinggi
  • Mudah frustasi
  • Memiliki rentang perhatian yang pendek

Aspek tumbuh kembang anak usia dini

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline