MOH. HIKAM KATILI NOVIANTY DJAFRI
MANAJEMEN PENDIDIKAN, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
ABSTRAK
Pendidikan prasekolah ialah suatu upaya pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan juga rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Pendidikan prasekolah sangatlah penting untuk meningkatkan mental psikis dan kemampuan bersosialisasi anak. Anak yang mendapatkan pendidikan sekolah cenderung akan berhasil melewati setiap jenjang pendidikan formal. Dalam dunia pendidikan sangat kita sadari bahwa pendidikan prasekolah memiliki peluang yang begitu besar untuk berhasil ditahap pendidikan sekolah dasar.
PENDAHULUAN
Pendidikan prasekolah tahun 1990-an tidak jauh berbeda dengan pendidikan prasekolah tahun 60-an bahkan sebelumnya, yaitu selalu menarik perhatian para orang tua, masyarakat maupun pemerintah sebagai pengambil keputusan. Mereka menyadari bahwa kualitas masa anak awal (early childhood) termasuk masa prasekolah merupakan cermin kualitas bangsa di masa yang dating. Khususnya para orang tua yang makin menyadari bahwa betapa pentingnya hubungan orang tua dan anak yang nantinya akan mewarnai hubungan anak dengan lingkungannya, teman sebaya, guru ataupun atasannya.
LATAR BELAKANG
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan artikel ini yaitu tentang Pendidikan Prasekolah. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk memenuhi tugas dari dosen kami ibu Prof. Dr. Noviyanti Djafri, S.pd.I,M.pd.I. Tujuan artikel ini juga untuk lebih memahami Pendidikan Prasekolah.
METODE
Artikel ini dibuat dengan menggunakan metode ilmiah dari buku yang berjudul dasar-dasar pendidikan anak pra sekolah yang ditulis oleh; Bisri Mustofa,S.pd. M.Si.
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan Prasekolah