Untuk meningkatkan performa bisnis, media sosial atau email marketing memiliki peranan penting masing-masing. Tidak ada istilah yang satu lebih penting dari yang lain, tapi keberadaannya saling melengkapi. Untuk lebih jelas, simak penjelasaan singkat manfaat media sosial dan email marketing, berikut ulasannya.
Media sosial
Penggunaan media sosial sangat baik untuk meningkatkan brand awareness. Media sosial menjadi wadah yang paling tepat untuk mejadikan bisnis yang kamu jalankan lebih dikenal oleh masyarakat. Dibutuhkan perencanaan dan konsistensi untuk medapatkan hasil yang maksimal dari media sosial. Selain itu, banyak hal yang media sosial berikan untuk perkembangan bisnismu, mulai dari:
1. Sebagai wadah interaksi yang efektif
Media sosial memungkinkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk dapat terhubungan dengan para customers. Media sosial menjadi wadah yang paling efektif untuk saling bertukar pesan atau komentar.
2. Menjangkau customer baru
Media sosial membantu kamu untuk menjangkau target customers baru. Target customers yang meningkat akan menghasilkan peluang yang lebih besar untuk keuntungan bisnis yang kamu jalankan.
3. Brand identity
Bagaimana caramu untuk mengenalkan dan membangun persepsi customers terhadap bisnis yang kamu jalankan. Brand identity bisa kamu ciptakan dengan memanfaatkan media sosial.
Email marketing
Berbeda dengan media sosial, email marketing menjadi langkah yang pas untuk kamu lebih dekat dengan para customers. Selain itu email marketing memiliki manfaat seperti: