Lihat ke Halaman Asli

Hobi Membaca? Ternyata Ini Lho Manfaatnya

Diperbarui: 25 Agustus 2018   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.rimma.co

Kapan terakhir kamu baca? Wah, jika jawabannya ternyata udah jarang, bahkan lupa kapan terakhir kali kamu melakukan aktivitas ini, kamu seperti jadi orang yang kurang beruntung,nih. Nah, bagi kamu yang ternyata sering melakukan aktivitas ini atau bahkan jadi hobi, kamu boleh berbangga diri. Pasalnya, membaca memiliki segudang aktivitas, lho.

1. Mampu menghilangkan stres

Kerjaan yang padat dengan segudang revisian pasti membuat kamu merasa jenuh. Lewat aktivitas membaca, kamu bisa mengalihkan beban pikiran tersebut. Membaca satu artikel yang menyenangkan mampu membuat kamu merasa lebih rileks, sehingga mampu mengurangi bahkan menghilangkan stres yang kamu alami.

2. Meningkatkan konsentrasi 

Penelitian dari Nathali Phillips, seorang ahli neurobiology dari Standford University mengungkapkan bahwa, aktivitas membaca mampu membuat kita lebih fokus dan konsentrasi. Jadi bagi kamu yang mudah kehilangan konsentrasi dan fokus, coba tingkatkan lagi aktivitas membacanya.

3. Rileksasi tubuh

Membaca bahkan mampu membuat tubuhmu terasa rileks, lho. Ini didapatkan dari rasa tenang yang ada di pikiran dan hati. Saat pikiran tenang, tubuh akan menyesuaikan sehingga timbul perasaan rileks yang baik untuk kesehatan tubuh. Orang - orang yang memiliki gangguan mood, sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas membaca secara rutin.

4. Memperbanyak kosakata

Semakin banyak membaca akan menambah kekayaan kosakata yang kamu miliki. Ini mampu membantu kamu untuk mengekspresikan banyak hal dengan kata yang lebih baik. Menambah kosakata berarti menambah pengetahuan yang bisa kamu dapatkan. 

5. Media hiburan 

Memilih topik yang kamu suka dan mulai terlena saat membacanya juga menjadi media hiburan gratis. Aktivitas ini mampu merangsang mood baik yang membuat kamu merasa terhibur. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline