Seberapa sering kamu melakukan mobile shopping? Tren ini makin eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Coba hitung berapa banyak barang yang sudah kamu beli lewat mobile shopping, bisa dipastikan jumlahnya lebih dari satu barang. Banyak alasan yang menjadikan mobile shopping makin populer di Indonesia, terlepas dari masyarakat Indonesia yang memang gemar belanja, mobile shopping memberikan kemudahan akses yang tak tertandingi.
Survei yang dilakukan MasterCard Online Shopping mencatat 58,5% responden Indonesia melakukan mobile shopping, angka tersebut terbilang sangat tinggi di Asia Pasifik. Lalu apa sebenarnya yang membuat masyarakat Indonesia jatuh hati untuk terus melakukan mobile shopping.
1. Kualitas gambar di smartphone lebih bagus
Mudah merasa tertarik untuk membeli bareng karena tampilan gambar yang menarik? Istilah dari mata jatuh ke hati mungkin bisa dihubungkan dengan kasus ini. Otak manusia di design lebih mudah mencerna gambar ketimbang teks yang panjang. Karenanya unsur estetika gambar sangat berpengaruh untuk mempengaruhi keputusan membeli.
2. Tak terbatas waktu dan lokasi
Saat berangkat ke kantor kamu melihat ada barang yang kamu suka dan sedang diskon, tapi kamu belum punya waktu lebih untuk membelinya. Nah, tak perlu nunggu hingga esok hari, saat ada sedikit waktu senggang kamu bisa melakukan pembelian dengan sangat mudah.
3. Lebih sering menggunakan smartphone
Rata-rata hampir seluruh masyarakat Indonesia menghabiskan waktu mereka menggunakan handphone ketimbang dekstop. Hal ini menjadikan masyarakat lebih sering melakukan berbagai interaksi bahkan transaksi menggunakan smartphone, termasuk dalam urusan belanja.
4. Pembayaran mudah
Mobile banking sangat mempermudah berbagai transaksi yang ingin dilakukan. Sangat cepat, mudah, dan fleksibel.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H