Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Customer Journey, Yuk!

Diperbarui: 3 Agustus 2018   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rob Bye on Unsplash

Sudah ada yang familiar dengan istilah ini?

Bagi sebagian orang yang tidak berkecimpung di dunia pemasaran, mungkin istilah ini masih jarang untuk didengar. Tapi tak ada salahnya untuk memahami istilah yang semakin terkenal ini.

Saat membuat sebuah produk, hal yang paling diimpikan adalah produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan dari para pengguna, untuk menciptakan hal tersebut, sebagai pelaku bisnis kamu harus mau mendengarkan dan memahami bagaimana pengalaman pengguna setelah menggunakan produk yang kamu buat. 

Untuk memahami itu semua dibutuhkanlah customer journey. Apa itu definisi mudah tentang customer journey?

Adalah segala hal yang menggambarkan interkasi atau pengalaman penguna terhadap bisnis yang kamu tawarkan, baik dari produk hingga pelayanan online atau offline.

Untuk membuat customer journey berdasarkan medium.com diperlukan 5 elemen penting, antara lain:

1. Persona

Adalah gambaran lengkap dari pembeli, baik dari segi karakter, kebiasaan hingga segala hal yang masih bekaitan dengannya. Persona ini didapatkan dari proses riset dengan data yang real. Semakin paham persona pengguna, semakin mudah menentukan target pasar.

2. Timeline

Rancangan dalam membuat interkasi yang terjalin antara pengguna dengan produk. Mulai dari pengetahuan produk, pembelajaran, pembelian, dan pengalaman. 

3. Touchpoint

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline