Lihat ke Halaman Asli

Hifzhul Miftah

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Di Balik Ngampus, Ngaji, dan Ngabdi

Diperbarui: 11 Maret 2024   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliah di Kampus 

Kampus merupakan tempat belajar bagi orang yang ingin memperluas wawasan pengetahuannya. Disisi lain terdapat berbagai fakultas maupun jurusan yang berbeda antara yang satu dengan lain. Disinilah tempat ilmu pengetahuan itu harus didapatkan karena tidak semua orang bisa menduduki di jenjang perkuliahan. Dalam dunia kampus, seseorang memiliki target akan apa yang mereka impikan dimulai dari cita-citanya hingga bisa membahagiakan orang yang mereka sayangi.

Dunia kampus dikenal sebagai belajar mandiri, sebab seseorang akan lebih banyak mempelajari, bagaimana waktumu bisa digunakan sebaik mungkin. Kita sendiri merasakan betapa pentingnya waktumu digunakan untuk belajar mandiri, karena dari belajar mandiri kita dapat mengetahui sesulit apakah ilmu itu didapatkan.

Mengaji di Luar Kampus

Disisi lain kampus, terdapat tuntutan untuk mengembangkan ilmu lain seperti ngaji. Mengaji bukanlah suatu hal yang mudah, namun butuh proses didalamnya baik secara intelektual maupun fisik. Seseorang yang memiliki jiwa yang muda pasti memiliki tekat yang kuat, dimulai dari perkuliahan hingga mengaji. Proses seseorang bukanlah mudah didapatkan, namun proses itu perlu tenaga yang besar sehingga hasilnya akan tercapai.

Mengabdi di Luar Kampus

Mengaji menjadi kebutuhan primer bagi seseorang yang ingin mengerjakannya, di lain hal juga terdapat pengabdian yang menjadi pelengkap dari mengaji dan ngampus. Mengabdi adalah satu kegiatan khidmat terhadap gurunya. Dibalik ngampus, ngaji, dan ngabdi, seseorang harus bisa membagi waktunya, dengan begitu impian dan tujuan seseorang akan terwujud.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline