Lihat ke Halaman Asli

Hifzhul Miftah

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Khotmil Qur'an Kubro Ke-7 (Dalam Rangka Pengambilan Sanad Hafalan Al-Qur'an)

Diperbarui: 5 Maret 2024   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembacaan Achmad Fuadi Pengambilan Sanad 30 Juz Bil Ghaib

Pada hari Jumat, 23 Februari 2024, merupakan salah satu momen sejarah bagi kalangan santri yaitu "Pengambilan Sanad Al-Qur'an" di Pesantren Tahfidz Bani Yusuf. Pembacaan al- qur'an bil ghaib dimulai setelah shalat zhuhur dan pembaca pada hari itu bernama Achmad Fuadi bin H. Daud. Dalam pembacaan al-qur'an bil ghaib dimulai dari tawasul dan dilanjutkan dengan awal surah juz al-qur'an. Achmad Fuadi bin H. Daud mengharuskan dirinya untuk bisa mendapatkan sanad dari seorang guru bernama ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI,. karena untuk mendapatkan sanad al-qur'an dari ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI harus bisa membaca dalam jangka waktu 1 hari 1 malam.

sanad yang didapatkan oleh ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI ini beliau dapatkan dari KH. Munawwir Munajat (Salatiga) murid langsung KH. Arwani Amin (Kudus). maka para santri bani yusuf yang ingin mengambil sanad dari ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI harus melalui prosesi dari gurunya ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI dalam pengambilan sanad hafalan al-qur'an. Achmad Fuadi bin H. Daud sendiri melewati rintangan yang begitu berat sebelum bisa membaca 30 juz dalam 1 hari yaitu membaca 10 juz dalam 3 hari berturut-turut kemudian 15 juz dalam 2 hari berturut-turut dan terakhir baru 30 juz dalam waktu 1 hari 1 malam. 

tiga santri penyimak Achmad Fuadi

saat pembacaan al-qur'an Achmad Fuadi sedang berlangsung disisi lain juga terdapat tiga santri penyimak sebagai pengingat kesalahan bacaan dari Achmad Fuadi. terdapat pergantian penyimak disetiap pembagian juz yang telah dibagi rata oleh panitia kubro tersebut. pembacaan biasanya di baca setelah sholat zhuhur dan berhenti sejenak ketika sholat asar, magrib dan isya, kemudian membaca lagi hingga juz 25 (perkiraan pada jam 00.00). setelah itu Achmad Fuadi istirahat sejenak hingga berkumandangnya azan subuh. Achmad Fuadi pun melanjutkan bacaannya dari juz 26 hingga juz 30 pada pukul 08.30 dilanjutkan serah terima sanad dari ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI.

Pembacaan Muhammad Kafa Nasrullah Pengambilan Sanad 30 Juz Bil Ghaib

pada hari sabtu, 24 Februari 2024, setelah acara dari saudara Achmad Fuadi dilanjutkan prosesi pengambilan sanad oleh Muhammad Kafa Nasrullah bin Ahmad Syafa'at. Muhammad Kafa merupakan santri bani yusuf, dalam perjalanannya  menempuh menghafal al-qur'an beliau sangat menjaganya hingga sampai puncaknya yaitu pengambilan sanad dari ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI. pengambilan sanad itu dimulai setelah sholat dhuhur diawali dengan tawasul dan dilanjutkan dengan awal surah juz al- qur'an. pada saat pembacaan al-qur'an dimulai para santri penyimak terdiri dari tiga santri hingga terdapat pergantian penyimak. 

pada saat waktu menjelang sholat magrib disini Muhammad Kafa Nasrullah berhenti sejenak dikarenakan malam tersebut malam nisfu syaban yang mana para santri mengikuti arahan dari ustad untuk membaca yasin sebanyak 3x. kemudian setelah pembacaan yasin selesai dilanjutkan oleh Muhammad Kafa Nasrullah hingga juz 25 (perkiraan pada jam 00.40). setelah itu, Muhammad Kafa istirahat sejenak hingga sholat subuh tiba. pada saat setelah sholat subuh selesai Muhammad Kafa Nasrullah melanjutkan bacaannya hingga juz 30 pada pukul 08.40 setelah itu dilanjutkan serah terima sanad dari ustad. Dr. Abd. Rouf, M.HI 

Keluarga Besar Pesantren Tahfidz Bani Yusuf Malang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline