Nah apa sih itu Organisasi dan perlukah itu ? Pertanyaan yang sering ditanyakan. Nah mari kita bahas pengertian organisasi. Organisasi adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Beberapa pengertian yaitu
1. Robbins Pada tahun 1994 Organisasi adalah kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasi, yang bekerja .
2. James D. Mooney, Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mewujudkan tujuan bersama.
Ciri ciri organisasi :
- Adanya Komponen ( contohnya dalam perusahaan pastinya ada Atasan dan Bawahan )
- Adanya kerja sama ( Kerja sama sangat Penting untuk meningkatkan sebuah organisasi menjadi lebih baik )
- Adanya Tujuan ( Sebuah Organisasi harus memiliki tujuan , jika tidak ada organisasi itu tidak berjalan lancar )
- Adanya sasaran
- Adanya keterkaitan format dan tata tertib yang harus dilaksanakan
Komponen Organisasi :
- Makro
di dalamnya memiliki komponen :
- Struktur Organisasi
- Lingkungan Organisasi
- Strategi Organisasi
- Budaya Organisasi
2. Mikro :
di dalamnya memiliki komponen :
- Perilaku Individu
- Motivasi
- Kepemimpinan
- Kekuasaan
- konflik
- Komunikasi
Tujuan Organisasi
- Jangka Pendek
- Jangka Menengah
- Jangka Panjang
Fungsi Organisasi :
- Planning ( Perencanaan )
- Organizing ( pengorganisasian )
- Actualing ( Aktual )
- Controling ( Mengontrol )
Bentuk Bentuk Organisasi :