Lihat ke Halaman Asli

Hidman Avrido

mahasiswa

Penanaman Bibit Pohon oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya di Desa Jeladri

Diperbarui: 24 Agustus 2023   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dokumentasi pribadi

Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (MMD UB) merupakan sebuah program yang disusun dalam rangka meningkatkan kontribusi perguruan tinggi melalui peran aktif mahasiswa dalam kegiatan penguatan potensi daerah dari berbagai aspek, salah satunya dalam aspek lingkungan hidup. Desa Jeladri, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu desa yang masih memanfaatkan potensi alamnya di bidang pertanian, masyarakat desa Jeladri khususnya Dusun Sentono Timur masih banyak yang memiliki profesi sebagai petani. Namun potensi alam di Desa Jeladri masih belum dapat dimanfaatkan secara maksimal, masih banyak ditemukan lahan pertanian kosong yang didiamkan dan tidak ditanami oleh tanaman. Sejalan dengan itu Kelompok 712 MMD UB Desa Jeladri melakukan kegiatan aksi penanaman bibit pohon menindaklanjuti program aksi penanaman 14.000 pohon Buah di wilayah Jawa Timur yang diinisiasikan langsung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya.

Muhammad Nurtinggal selaku Kepala Desa menyampaikan bahwa Dusun Sentono Timur memiliki potensi yang lebih memungkinkan untuk ditanami pohon buah, hal ini dikarenakan dusun ini memiliki kawasan lahan pertanian yang lebih dominan dan dekat dengan sumber air. Oleh karena itu, dusun ini menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai lokasi penanaman bibit pohon buah.

Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh daerah tersebut, Dinas Kehutanan dan Kementerian Lingkungan Hidup memberikan bantuan bibit pohon buah nangka dan petai dengan total 20 buah sebagai bentuk aksi penanaman 14.000 bibit pohon buah. Kegiatan penanaman ini dilakukan bersama dengan Kepala Dusun Sentono Timur, warga desa dan perangkat desa lainnya. "Harapan kami semoga dengan adanya kegiatan ini, mampu membantu konservasi daerah yang tidak memiliki ruang terbuka hijau, khususnya daerah sekitar pertambangan batu yang semakin gersang dan kering" ungkap Sholekhudin selaku Kepala Dusun Sentono Timur




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline