Lihat ke Halaman Asli

SMA Luqman al Hakim Bikin Es Drop

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13953011651298300896

Memacu semangat berwirausaha, SMA Luqman al Hakim Hidayatullah Surabaya bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) getol bentuk siswa menjadi pengusaha. Kamis, (20/03/2014), akad kerjasama antar lembaga dilaksanakan.

Menurut pembina wirausaha SMA Luqman al Hakim, Andi Farouq, kegiatan ini untuk membentuk pribadi pengusaha kepada siswa. Banyak produk yang ditelurkan dalam program ini. Farouq menyebut setidaknya ada tiga jenis produk yang dibuat oleh siswa SMA Luqman al Hakim. “Bantal Motivasi diberi nama “BITINK”, Es Drop, serta Nasi Lalapan Cak “Amy”.

Lanjut Farouq, siswa diajarkan cara membuat perusahaan besar. “Jadi ada direktur, managar marketing, desain produk, hrd, keuangan, dan lainnya,” katanya. Kegiatan ini memotivasi dan memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa.

Siswa dibimbing langsung oleh guru dan tim dari PJI. Mulai cara accounting keuangan, cara desain produk, riset produk, cara marketing, dan bagaimana cara rekrutmen karyawan, sampai bagaimana memanfaatkan dana CSR perusahaan. “Ini latihan membuat perusahaan secara praktek langsung” tegasnya.

Salah satu produk yang mulai dipasarkan adalah es drop. Kata direktur perusahaan yang dibentuk oleh siswa SMA Luqman al Hakim ini, Adamy, mengambil produk es ini melihat kondisi Surabaya yang sangat panas. “Produk ini sangat dibutuhkan masyarakat Surabaya,” katanya.

Produk ini menjadi istimewa karena dibuat dari bahan dasar kelapa asli. “Karena ada produk es dipasaran yang tertulis kelapa tapi bukan kelapa asli, tapi hanya perasa saja. Itu kami hindari,” akunya.

Selain es drop, sejumlah siswa ada bantal motivasi. Kata Adamy, disebut bantal motivasi karena dibantal tersebut tertulis kalimat motivasi. “Kami sebut bantal ini istimewa, karena kalimat motivasi bisa di order oleh konsumen dan diproduksi limited edition” paparnya.

Dalam pemasarannya, lanjut Adamy, tidak terbatas pada pemasaran offline. “Kami gencarkan juga marketingnya secara online lewat socmed dan kami yakin pemasaran ini sangat efisien,” pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline