Lihat ke Halaman Asli

Perwujudan Elemen Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 14 Tegal

Diperbarui: 12 Maret 2024   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegaitan Tadarus di SMP Negeri 14 Tegal/dokpri

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Profil Pelajar Pancasila terdiri atas 6 dimensi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila antara lain: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2) Berkebhinekaan global, 3) Mandiri, 4) Bergotong-royong, 5) Bernalar kritis, 6) Kreatif. Tujuan Profil Pelajar Pancasila yaitu menguatkan lulusan yang sesuai nilai luhur Pancasila.

Penerapan perwujudan elemen-elemen Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan yang berpihak pada peserta didik di SMP Negeri 14 Tegal, diantaranya yaitu penanaman karakter religius melalui kegiatan pembacaan Al-Qur’an sebelum pelaksanaan pembelajaran, peringatan hari besar keagamaan, dan kegiatan ekstrakulikuler tilawah dan rebana. 

Kegiatan lainnya yang merupakan perwujudan dari elemen profil pelajar pancasila “Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia” yaitu penerapan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun). Harapannya, dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, pelajar Indonesia mempunyai akhlak mulia baik secara fisik, mental, ataupun spiritual. 

Perwujudan elemen profil pelajar pancasila “Berkebhinekaan Global” yaitu dalam kegiatan seperti penggunaan CRT (Culturally Responsive Teaching) pada pembelajaran, peringatan hari besar nasional seperti hari sumpah pemuda, dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami dan mengenali identitas nasional dan identitas budaya yang ada di Indonesia. Pada elemen “Bergotong-royong” diwujudkan melalui kegiatan seperti pelaksanaan sabtu bersih, yaitu kegiatan kebersihan yang dilaksanakan pada Hari Sabtu sebelum pulang sekolah. Elemen “Mandiri” pada Profil Pelajar Pancasila diwujudkan melalui kegiatan seperti pemberian tugas mandiri kepada peserta didik dan pelaksanaan piket kelas.

Perwujudan elemen profil pelajar pancasila “Bernalar Kritis” yaitu pada kegiatan seperti penerapan pembelajaran dengan model PBL atau PjBL. Model pembelajaran tersebut dapat membantu peserta didik untuk menjadi peserta didik yang mampu bernalar kritis. Elemen “Kreatif” pada Profil Pelajar Pancasila dapat diwujudkan melalui kegiatan pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif. Penugasan proyek serta kebebasan peserta didik untuk memilih tugas yang dikerjakannya juga dapat melatih kemampuan berkreasi peserta didik.

Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 14 Tegal/dokpri

Kegiatan lain sebagai perwujudan P3 di SMP Negeri 14 Tegal yaitu dalam pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang tahun ini dilaksanakan dengan bertemakan “Gaya Hidup Berkelanjutan” yaitu pemanfaatan limbah. Kegiatan P5 yang dilaksanakan meliputi pembuatan paving block, pupuk kompos cair, pupuk kompos kering, kreasi limbah plastik dan kertas. 

Pembuatan proyek-proyek tersebut dilakukan secara berkelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Gelar karya dilakukan dalam rangka selebrasi atas terselesaikannya proyek yang dibuat. Selain itu, gelar karya dilakukan juga dalam rangka mengapresiasi hasil kerja peserta didik. Kegiatan tersebut memberikan semangat untuk tetap memajukan sekolah melalui produk hasil karya peserta didik melalui kegiatan P5.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline