JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Oleh Hidayatul Iryanah
Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur.
Saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid
Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah mempelajari materi modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid dalam Kegiatan Pendidikan. Jurnal refleksi minggu ke-24 yang harus ditulis Calon Guru Penggerak dalam Pendidikan Guru Penggerak.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F: Fact; Feeling; Findings; dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni: Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.
1. Facts (Peristiwa)
Minggu ke-24 adalah minggu terakhir dalam pembelajaran modul 3.3 tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid. Modul ini merupakan paket modul terakhir yang harus dipelajari calon guru penggerak dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP).
Kegiatan pembelajaran Modul 3.3 diawali dari menjawab pertanyaan-pertanyaan pada Mulai Diri dan eksplorasi konsep, sesuai alur MERDEKA selanjutnya CGP melakukan kegiatan RUKOL (Ruang Kolaborasi) sesi 1 dan sesi 2 bersama teman CGP kelas 42 Gresik dengan fasilitator Bapak Hariyanto, M.Pd dan Ibu Rahmawati, S.Pd selaku Pengajar Praktik. Kemudian berlanjut dengan melaksanakan Demonstrasi kontekstual, Elaborasi konsep, membuat Koneksi antar materi, dan Aksi nyata.