Lihat ke Halaman Asli

HIDAYATUL IRYANAH

Guru_Pengurus KKG_Pengurus LPAY Nashrul Aitam

Jurnal Refleksi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Diperbarui: 7 Juni 2023   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. penulis

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.2

Saya Hidayatul Iryanah  Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Saya akan menulis Jurnal Refleksi Dwimingguan pada Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumberdaya

Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu mempelajari modul 3.2 "PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA" dalam kegiatan Pendidikan Guru Penggerak.  Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F: Fact; Feeling; Findings; dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni: Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

1. Peristiwa (Facts)

Mulai dari diri sebagai langkah awal dalam alur MERDEKA dikerjakan melalui moda mandiri dengan mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi ini, saya diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal saya tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

Kegiatan berikutnya yakni Eksplorasi konsep memberikan kesempatan pada saya dalam melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pedekatan Berbasis Kekurangan dan Pendekatan Berbasis Aset, Sejarah singkat Pendekatan Asset-Based Comunnity Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas. Di sesi pembelajaran ini, CGP juga diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang nantinya akan diduskusikan pada forum diskusi.

Dalam ruang kolaborasi modul 3.2 di forum diskusi 1 telah dihadiri oleh CGP. Bersama CGP lain dalam pengelompokkan kelompok serta didampingi Bapak Fasilitator yaitu Bapak Hariyanto. CGP diminta untuk dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif. Pemetaan aset di daerah oleh untuk sekolah nantinya akan dipersentasikan kepada kelompok lain pada ruang kolaborasi sesi 2 di modul 3.2.

2. Perasaan (Feelings)

Selama mengikuti sesi pembelajaran kali ini, saya merasa senang karena saya kembali memperoleh pengetahuan baru terkait materi yang disajikan oleh modul ini. Saya tertarik untuk melakukan pemetaan seluruh aset/sumber daya yang ada di sekitar lingkungan sekolah saya agar bermanfaat untuk perubahan program sekolah menjadi lebih baik. Saya ingin  mengajak rekan sejawat di sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan PKBA (Pengembangan Komunitas Berbasis Aset) dengan menemukan potensi-potensi disekolah sehingga menjadi asset untuk perbaikan sekolah

3. Pembelajaran (Findings)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline