Lihat ke Halaman Asli

HIDAYAT SYAH AL HAKIM

Penulis dan Youtuber

LDF Al Adlu dan Himahis Fakultas Hukum Unimal Gelar Islamic Law Competition 2023

Diperbarui: 17 Juni 2023   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lhokseumawe - LDF Al Adlu Fakultas Hukum & HIMAHIS Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, sukses menyelenggarakan Islamic Law Competition tingkat Universitas Malikussaleh. dengan mengusung tema "Mempersiapkan Generasi Islam, Menggali Pengetahuan dan Mengamalkan Nilai-Nilai Islam" yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 Juni 2023 di Aula Bale Reusam dan Aula Video Conference Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.

Kegiatan Perlombaan di ikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Malikussaleh dan tersebar di berbagai cabang 5 lomba yaitu Syarhil Qur'an, Kaligrafi, Tahfidz Qur'an Juz 1 dan 30 , Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an dan Adzan.

Ketua Panitia Islamic Law Competition Rizqy Shafiyyurridha dalam sambutannya mengatakan "Islamic Law Competition ini bertujuan untuk menggali pengetahuan dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat bermanfaat dalam dunia dan akhirat."

Ketua Umum LDF Al Adlu Husnur Rizal dalam tanggapannya mengungkapkan "Islamic Law Competition merupakan MTQ tingkat Fakultas Hukum di mana tujuan dari hadirnya acara ini pada hari ini adalah sesuai dengan tema kita yaitu mempersiapkan generasi Islam, menggali pengetahuan, dan mengamalkan nilai-nilai Islam di mana hadirnya acara ini bertujuan mempersiapkan tonggak generasi islami di masa depan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada hari ini tidak banyak generasi muda yang bergelut dalam hal-hal dan kegiatan yang berhubungan dengan Islam, dan kemudian menggali pengetahuan dan mengamalkan nilai-nilai Islam tujuan lain dari acara ini adalah menggali pengetahuan di mana dalam terlaksananya acara ini diharapkan ada sebuah ilmu ada sebuah pengetahuan yang kita dapatkan yang kemudian dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat bermanfaat dalam dunia dan akhirat. Al-'Ilmu bila amalin kasysyajari bila tsamarin". Ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah."

Hal Senada juga di sampaikan oleh Ketua Umum HIMAHIS Satria Rejeki dalam keterangan singkatnya ia mengatakan sesuai dengan tema dalam penyelenggaraan ILC ini kita lahirnya generasi generasi Islami untuk yang punya pengetahuan dan dapat mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Pembina Himpunan Mahasiswa Hukum Islam Tasyukur, S.H., M.H mengatakan bahwa " Islamic Law Competition merupakan sebuah langkah yang luar biasa dalam upaya memperdalam pemahaman kita tentang hukum Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai mahasiswa dan generasi penerus umat Islam, kita memiliki tanggung jawab besar untuk memahami, menerapkan, dan memperjuangkan hukum Islam sebagai panduan dalam setiap aspek kehidupan kita.saya ingin mengingatkan kita semua bahwa kompetisi ini bukanlah akhir dari perjalanan kita dalam mempelajari hukum Islam. Ini adalah awal yang baru untuk menggali lebih dalam lagi, terus belajar, dan menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi umat Islam dan masyarakat luas."

Wakil dekan 3 bidang kemahasiswaan dan alumni dalam sambutannya Hadi Iskandar SH.MH, mengungkapkan bahwa " Saya dengan bangga menyambut acara ini dan mendukung kegiatan Islamic Law Competition, lomba ini adalah kesempatan yang berharga bagi mahasiswa di lingkungan Univesitas Malikussaleh untuk mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum Islam pada khususnya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk memastikan kelancaran acara ini. Tanpa kerjasama mereka, Lomba Islamic Law Competition ini tidak akan terwujud. Saya juga ingin mengucapkan selamat bertanding kepada semua peserta Islamic Law Competition."

Dekan Fakultas Hukum Dekan Fakultas Hukum Unimal, Dr. Faisal, S.Ag., S.H., M.Hum saat menutup lomba Islamic Law Competition tingkat Universitas Malikussaleh mengatakan, "saya ingin mengucapkan selamat kepada semua peserta dan pemenang dalam lomba Islamic Law Competition ini. Lomba ini merupakan ajang yang sangat berharga untuk menunjukkan pemahaman dan pengetahuan kita, serta kegiatan ini merupakan langkah awal menuju MTQ mahasiswa tingkat Nasional." 

Lomba Islamic Law Competition telah memberikan kesempatan bagi seluruh peserta untuk menunjukkan dedikasi mereka dalam memahami dan menerapkan hukum Islam dalam era modern. Melalui kompetisi ini, nilai-nilai keadilan dan kebenaran yang tercermin dalam ajaran Islam semakin ditegakkan dan diaplikasikan dengan baik.

Kami mengucapkan selamat kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dengan semangat dan dedikasi tinggi. Semoga Lomba Islamic Law Competition ini menjadi langkah awal yang berarti dalam memperjuangkan hukum Islam yang adil dan relevan dengan tantangan zaman. Terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya acara ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline