Lihat ke Halaman Asli

HIDAYAT

Praktisi Pendidikan

Guru Teladan dalam Pendidikan

Diperbarui: 10 Desember 2024   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen kiriman dari Prof. Dr. A. Rusdiana acara silaturahmi ke Dr. Tatang Ibrahim di Ciamis, Selasa, 10 Desember 2024. 

Guru Teladan dalam Pendidikan

Oleh Hidayat

Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa. Di dalam konteks pendidikan, peran guru sangatlah krusial. Tulisan ini akan membahas secara ilmiah mengenai guru teladan dan dampaknya terhadap perkembangan siswa serta kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Guru teladan dapat didefinisikan sebagai pendidik yang tidak hanya memiliki kompetensi akademik yang tinggi, tetapi juga menunjukkan sikap dan perilaku yang dapat dijadikan contoh oleh siswa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hattie (2009), pengaruh guru terhadap hasil belajar siswa berada pada urutan teratas dalam faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan. Ciri-Ciri Guru Teladan;

Pertama Kompetensi Pedagogik  

   Guru teladan memiliki pengetahuan mendalam mengenai metode pengajaran yang efektif. Mereka memahami cara belajar siswa dan dapat menyesuaikan strategi pengajaran untuk memenuhi kebutuhan individu.

Kedua Sikap Proaktif dan Empati  

   Penelitian oleh Rogers (2015) menunjukkan bahwa guru yang menunjukkan empati dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Sikap ini menciptakan hubungan yang positif antara guru dan siswa.

Ketiga Inovasi dalam Pembelajaran  

   Guru teladan selalu berusaha untuk mengintegrasikan teknologi dan metode pembelajaran yang inovatif. Berk (2010) mengemukakan bahwa penggunaan teknologi dalam kelas dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline