Mengapresiasi tulisan Nilai Kebersamaan dalam Pendidikan
Oleh: Hidayat
https://www.kompasiana.com/ahmad58914/6738b6aeed64150d64156e42/menanamkan-nilai-kemersamaan-melalui-pendidikan-kunci-membangun-generasi-unggul-indonesia-emas-2045 yang sangat relevan mengenai pentingnya menanamkan nilai kebersamaan melalui pendidikan dalam konteks masyarakat Indonesia yang multikultural.
Penulis ingin Mengapresiasi tulisan yang mendalam atas tulisan Prof A. RusdianaDalam menghadapi kompleksitas masyarakat yang beragam, karya Anda memberikan wawasan yang mendalam mengenai tantangan yang dihadapi oleh generasi muda di era 5.0 ini. Khususnya, Anda telah merumuskan tantangan-tantangan signifikan seperti meningkatnya individualisme dan penurunan tingkat empati, yang merupakan ancaman nyata bagi persatuan dan pembangunan bangsa.
Pertama Integrasi Nilai Kebersamaan dalam Kurikulum Pendidikan
Saya sepenuhnya sependapat bahwa kurikulum pendidikan harus mengedepankan nilai kebersamaan. Penekanan terhadap kolaborasi dapat diimplementasikan melalui pendekatan *project-based learning*, yang dirancang untuk melibatkan kerja tim lintas budaya dan agama.
Metode ini tidak hanya mengasah keterampilan kolaborasi, tetapi juga membangun kesadaran akan keragaman di sekitar kita. Sebuah kurikulum yang inklusif akan menciptakan lingkungan pembelajaran yang tidak hanya mendorong kecerdasan akademis, tetapi juga pembentukan karakter yang mampu menghargai perbedaan.
Kedua Peran Guru sebagai Teladan Kebersamaan
Peran guru sebagai panutan dalam menanamkan nilai kebersamaan tidak dapat diabaikan. Guru yang menunjukkan sikap terbuka, menghormati keberagaman, dan mendukung prinsip-prinsip toleransi akan menginspirasi siswa untuk mengadopsi nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karena itu, pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru dalam hal pendidikan nilai kebersamaan adalah langkah yang sangat penting. Hal ini merupakan langkah awal yang krusial untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif, inklusif, dan memfasilitasi siswa dalam mengembangkan sikap saling menghormati.
Ketiga Pendidikan Berbasis Pengalaman