Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan dinamika pendidikan, pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif semakin diakui. Mahasiswa difabel, dengan beragam potensi dan bakat yang mereka miliki, menghadapi tantangan unik dalam proses pembelajaran.
Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif yang tidak hanya memenuhi kebutuhan akademis mereka, tetapi juga memberdayakan mereka untuk mengembangkan diri secara maksimal. Dalam konteks ini, desain inovasi pembelajaran menggunakan pendekatan flow-deep learning menjadi sangat relevan.
Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang menyenangkan dan mendalam, diharapkan mahasiswa difabel dapat merasakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan memuaskan, sekaligus mengoptimalkan potensi diri mereka dalam mencapai tujuan akademis.
Desain model pembelajaran "Flow-Deep Learning" dimana secara garis besar pembelajaran flow bagi siswa penyandang disabilitas meliputi:
- relaksasi atau meditasi di awal, di tengah, dan di akhir pembelajaran;
- penetapan target pembelajaran setiap sesi dijelaskan;
- pemberian dan melatih kemampuan penyandang disabilitas dalam mencegah distractibility;
- ruang kelas dibuat nyaman, posisi duduk yang nyaman;
- menerapkan cara memberi materi sesuai dengan gaya belajar penyandang disabilitas;
- pemberian materi disesuaikan dengan kemajuan belajar (kemampuan penyandang disabilitas) yang telah dicapai;
- memanfaatkan alat peraga yang dibuat penyandang disabilitas dalam belajar;
- belajar sambil bermain, menggunakan musik, role play, dan bentuk pemberian materi lain yang menyenangkan;
- pada setiap sesi pembelajaran diawali dengan cerita keberhasilan penyandang disabilitas dalam kehidupan;
- memberikan keterampilan afirmasi diri penyandang disabilitas;
- penjelasan manfaat jangka pendek dan jangka panjang terkait dengan materi yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari; dan pemberian feedback individual dan keseluruhan dalam proses belajar pada setiap sesi pembelajaran.
Sebagai penutup, desain inovasi pembelajaran flow-deep learning yang kami usulkan bertujuan untuk memberikan akses dan kesempatan yang lebih baik bagi mahasiswa difabel dalam mengembangkan potensi diri mereka.
Dengan mengadopsi pendekatan yang inklusif dan memanfaatkan teknologi yang ada, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya mendukung keberhasilan akademis, tetapi juga memupuk kepercayaan diri dan kemandirian mereka.
Kami berharap bahwa proposal ini dapat menjadi langkah awal menuju perubahan positif dalam sistem pendidikan tinggi, dan menginspirasi berbagai pihak untuk terus berupaya menciptakan dunia pendidikan yang lebih adil dan setara bagi semua. Mari bersama-sama kita wujudkan cita-cita ini demi masa depan yang lebih cerah bagi mahasiswa difabel.
Penulis: Hidayat, Afakhrul Masub Bakhtiar, Rini Puji Astutik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H