Lihat ke Halaman Asli

Hidayat

Dosen Teknik Industri - Universitas Muhamamdiyah Gresik

Hirup Udara Segar dan Menikmati Sunrise di Gunung Bromo

Diperbarui: 22 Juni 2024   05:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri: Suasana Pagi di Gunung Bromo 

Pemandangan yang sangat spektakuler terbentang melingkar di area gunung Bromo Tengger Semeru. Utamanya pada saat suasana di pagi hari. 

Bagi saya, mengunjungi gunung Bromo adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup

Kunjungan wisata alam ini bertujuan untuk menikmati keindahan ciptaan Allah SWT, dan tentunya sebagai umat muslim, dengan menyadari akan adanya perihal ataupun kejadian yang ada disekitar bisa semakin meningkat kan keimanan kita kepada Allah SWT. 

Kunjungan pertama kali di Gunung Bromo menjadi bentuk hal yang menarik, karena untuk mencapai puncak gunung harus berjuang dengan keras, melewati tanjakan yang curam, beserta melintasi wilayah yang cukup rawan longsor. Pengunjung harus berhati hati dan setidaknya sudah melakukan literasi di internet terkait persiapan apa saja sebelum melakukan kegiatan pendakian gunung Bromo. 

Waktu yang tepat untuk melihat sun rise adalah kita berangkat pada malam hari, kemudian istirahat sejenak, dan melanjutkan pendakian gunung pada saat jam 3 pagi. Jangan khawatir bagi umat Islam yang mau menjalankan sholat Subuh, karena dibeberapa pos pendakian gunung terdapat sarana tempat sholat dan toilet. Sehingga bisa istirahat sejenak. 

Beberapa tanjakan yang cukup curam adalah setelah berada dilokasi bukit seruni, dan yang terakhir adalah ketika sudah mau dekat dengan bukit kingkong, dan di Bukit kingkong inilah foto yang Saya tampilkan saya ambil. Jadi untuk apa pendaki Sangat disarankan ketika mau melihat pemandangan anak gunung di Bromo secara menyeluruh, bisa mendaki sampai pada bukit kingkong. 

Beberapa peralatan perobatan juga memungkinkan untuk perlu dibawa, karena bagi yang kesulitan bernafaskan akan terasa berat. Dan juga peralatan P3K sederhana untuk antisipasi kecelakaan ringan. 

Rasa lelah terbalas dengan kenangan dokumentasi yang sangat bagus, juga bisa menghirup udara murni di area pegunungan, dan tentunya juga melihat secara langsung fenomena alam pergantian langit gelap menjadi terang pada saat sunrise. 

Semoga alam gunung Bromo tetap terjaga dari tangan usil pendaki, dan tetap terawat kemurnian nya. Berita nya pada saat ini gunung Bromo sedang terdapat kebakaran diarea bawah gunung, apapun itu penyebab nya semoga lekas pulih kembali sehingga para generasi penerus bisa menikmati nya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline