Lihat ke Halaman Asli

Hidayat

Dosen Teknik Industri - Universitas Muhamamdiyah Gresik

Penguatan BUMDES Melalui Penanaman Bunga Telang di Desa Lebani Waras

Diperbarui: 2 Maret 2023   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri: Polybag bunga telang dari Mahasiswa KKN

Februari 15, 2023
Terdapat 6 Mahasiswa KKN BPN khusus dari Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) yang terdiri dari M. Bagus Ardiansyah, Tiara Fauzul Islam, Annisa Fadhilah, Moch Nizar Fanani, Rohmatul Afiyah dan Salsya Nur Meiydina yang di bimbing oleh Bapak Aminin, S.Pi., M.P. Dimana KKN BPN merupakan program pembelajaran lanjutan yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Gresik bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Gresik sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat desa.

Di Desa Lebaniwaras Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik inilah para Mahasiswa KKN berkontribusi dalam hal penguatan BumDes (Bumi Desa) yakni melalui penanaman TOGA. Mengapa? sebab pada saat survey awal, para mahasiswa melakukan pendekatan dengan berdiskusi terlebih dahulu bersama pihak perangkat desa Lebaniwaras hingga muncul usulan dari pihak perangkat, "Di sini terdapat beberapa potensi desa yang bisa kalian kembangkan kembali nantinya, salah satunya tanaman TOGA yang mulai menyusut atau bisa dikatakan hampir punah sebab kurangnya minat para warga." ujar Bapak Sekretaris Desa.

Setelah para Mahasiswa menggali informasi, ternyata beberapa tahun yang lalu tanaman TOGA ini menjadi salah satu potensi paling tinggi di desa, sebab ada salah satu warga yakni Bapak Kasimin yang menjadi pelopor pada saat itu untuk menanam tanaman TOGA sehingga banyak mendapat penghargaan dari pihak-pihak penting dan juga banyak mendatangkan para wisatawan maupun pelajar/mahasiswa untuk belajar ilmu TOGA.

Dokpri: Lokasi dirumah pak kasimin

Menariknya, Bapak Kasimin ini memperoleh tanaman-tanaman tersebut dari lingkungan desa Lebaniwaras sendiri. Akan tetapi, semenjak Bapak Kasimin terkena sakit yang membuat beliau tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, tanaman TOGA ini hampir mulai punah dikarenakan belum ada yang meneruskan jejak beliau yaitu melestarikan TOGA.

Dokpri: Proses penanaman bunga telang bersama pihak Karang Taruna Desa Lebaniwaras

Dokpri:  Tanaman bunga telang yang telah tumbuh

Dari hal tersebut, para Mahasiswa KKN memutuskan untuk mengembangkan minat warga desa Lebaniwaras sekaligus melestarikan TOGA melalui penanaman Bunga Telang yang nantinya dapat dibudidayakan dan dilestarikan kembali oleh para warga dikarenakan proses menanamnya yang sangat mudah dan beberapa kandungan manfaatnya. Program ini disambut baik dari berbagai pihak, mulai dari Kepala Desa Lebaniwaras beserta jajarannya, kelompok masyarakat desa dan masyarakat desa.

Para Mahasiswa KKN berhasil menanam kurang lebih 40 polybag Bunga Telang dibantu Karang Taruna setempat yang nantinya akan menjadi serah terima kepada perwakilan RT/RW Desa Lebaniwaras diharapkan para warga dapat melestarikan kembali tanaman toga seperti dahulu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline