Lihat ke Halaman Asli

Hidayat

Dosen Teknik Industri - Universitas Muhamamdiyah Gresik

Mengantar dan Membimbing Mahasiswa Menjadi Seorang Entrepreneur Luar Biasa

Diperbarui: 29 Desember 2022   19:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri: Foto dengan produk binaan 

Menjadi seorang wirausaha merupakan sebuah pilihan, bagi mahasiswa sangat lah berat jika diberi pilihan menjadi seorang wirausahawan atau kerja dikantoram. Dari sedikit survei, masih sedikit mahasiswa yang mau menjawab ingin menjadi seorang wirausaha.

Padahal, jika kita seorang muslim, tentu figure kita adalah Nabi Muhammad SAW. Dari kisah yang ada , Nabi juga berdagang. Maka bisa disimpulkan bahwa ternyata hal yang paling mendasar untuk jenis pekerjaan, yang mana bisa mengatur waktu sendiri, tanpa ada tekanan dari orang lain adalah menjadi seorang wirausaha.

Namaku Hidayat, saya berasal dari kota Gresik, tepat nya dikecamatan Sidayu. Dari profil singkat saya adalah seorang Dosen di Universitas Muhammadiyah Gresik, tepatnya di jurusan Teknik Industri. Didaerah Sidayu, saya mengambil peran sebagai seorang ketua organisasi, yaitu Asosiasi UMKM Sidayu, organisasi ini didirikan sejak tahun 2020. 

Sebelum nya saya seorang pekerja pabrik ditahun 2016, kemudian melanjutkan studi S2 dengan Beasiswa LPDP tepatnya di Malaysia, jurusan master of manufacturing engineering. Menempuh Studi selama 1,5 tahun, kemudian balik ke Indonesia. Memilih profesi sebagai Dosen. 

Selain dari itu, saat ini saya sedang menjalankan usaha kursus bahasa Inggris dan juga menggambar teknik dan juga menjalankan usah produksi Kopi Rempah. 

Jiwa wirausaha muncul sejak tahun 2019, dimana beberapa tahun silang, keadaan yang membuat menjadi seorang wirausaha, sebelum menjadi seorang dosen.

Dalam menjalankan aktivitas sebagai seorang dosen, saya menjabat sebagai struktural dikampus, yaitu sebagai Kepala Bagian Penalaran Bakat Minat dan Ormawa. 

Banyak kegiatan wirausaha yang sudah saya dampingi, ada kegiatan hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), Koordinator Kegiatan Coaching Wirausaha Mahasiswa Hibah ISS-MBKM PKKM UMG, dan sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Wirausaha Merdeka pada Universitas Ciputra Surabaya. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline