Lihat ke Halaman Asli

Merawat Cat Mobil dengan Murah

Diperbarui: 26 Juni 2015   05:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Tak seorang pun menginginkan mobil pribadinya memiliki warna yang tak indah dipandang mata. Karena itu, tak sedikit pula orang menggunakan jalan pintas agar warna cat mobilnya tetap menarik dengan menggunakan beragam obat poles. Sebenarnya, ada cara aman tanpa harus merogoh uang di kantong, agar cat mobil tetap kinclong. Memang, cara ini tak bisa seinstan dengan menggunakan obat poles. Namun, paling tidak cat yang dimiliki tetap asli tanpa ada campuran dari obat poles. Ingin tau caranya?

Cuma Empat Caranya

1. Hati-Hati cuaca

Cuaca di negeri ini hanya ada dua. Panas dan Hujan. Jika kondisi cuaca lagi panas maka Anda harus menjaga mobil Anda dari sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari dapat membuat lapisan cat mobil Anda rusak. Anda harus mencarikan tempat yang teduh. Begitu juga jika kondisi lagi hujan. Bila hujan telah berhenti, segeralah untuk menghilangkan bercak-bercak air yang menempal di bodi dan kaca mobil Anda. Pasalnya, bercak-bercak tersebut bisa menimbulkan jamur.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki garasi mobil dan kondisi di malam hari, Anda harus membeli terpal atau mantel penutup mobil. Pasalnya, mobil tidak boleh terkena embun yang cukup lama. Ia bisa membuat cepatn timbulnya karat di mobil Anda.

2. Waspada Saat Mencuci Mobil

Tak sedikit orang yang ingin kelihatan mobilnya tetap bersih dengan mencuci mobilnya. Bagus memang selalu mencuci mobil, tapi jangan pernah gunakan deterjen sebagai sabunnya. Karena kecermelangan warna cat mobil bisa pudar disebabkan zat kimia yang terkandung di dalam sabun deterjen atau sabun colek. Karena itu, Anda harus memiliki shampoo khusus mobil.

Saat mencuci mobil, jangan biarkan busa shampoo menempel terlalu lama, karena ia akan menimbulkan bercak-bercak. Segeralah untuk membilasnya dengan air, lalu Anda lap mobil Anda. Dalam melakukan pengelapan usahakan terlebih dahulu yang dilap adalah kaca dan bagian atas mobil. Karena kedua ini yang paling gampang kering sehingga cepat menimbulkan bercak-bercak.

3. Jangan Sampai Terkena Tumpahan Oli atau cairan lainnya

Tak jarang saat mengganti oli mobil, ada oli yang tumpah mengenai body mobil. Jika ini terjadi segera untuk dilap dan bersihkan dengan air bersih.. Pasalnya, oli tersebut dapat merusak lapisan cat mobil. Begitu juga dengan minyak rem. Jika mengenai mobil segeralah untu membersihkannya dengan air.

4. Selalu Gunakan Kemoceng

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline