Lihat ke Halaman Asli

Hidayah Qudus

Perindu hujan dan penikmat kopi di senja hari

Melongok Batik Betawi Terogong di Selatan Jakarta

Diperbarui: 8 Desember 2019   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu warisan seni budaya bangsa kita yaitu Batik. Siapa yang tidak kenal Batik khas Yogya, Solo, Pekalongan. Tapi adakah yang mengetahui bahwa Betawipun juga punya batik?

Sayapun nggak mengira bahwa Betawi yang terkenal dengan seni Tanjidor ternyata juga mempunyai batik. Wah..menarik juga ya, jadi penasaran motif dan ciri khas warna batiknya seperti apa.

Elisa Koraag,admin Ladiesiana dan ibu Laela, Batik Betawi Terogong (dok. Ladiesiana)

Kesempatan mengunjungi bahkan ikut mempraktekkan cara membatik, saya dapat melalui Ladiesiana Minggu pagi tadi. Batik Betawi Terogong yang berlokasi di Jalan Terogong, Cilandak, Jakarta Selatan ini ternyata sudah ada sejak lama namun tidak begitu dikenal.

Adalah ibu Siti Laela yang juga seorang pengajar Bahasa Inggris yang kini sebagai generasi kedua penerus warisan budaya Batik Betawi Terogong ini.

Ibu Siti Laela, Batik Betawi Terogong (dokpri)

Masyarakat Betawi di sekitar pemukiman Terogong ini dahulunya adalah bertani dan bercocok tanam. Di sela kesibukannya bertani, ada yang menekuni kegiatan membatik ini. 

Batik Betawi memang tidak seterkenal batik-batik di daerah Yogya dan Jawa Tengah. Hal ini yang membuat sedih ibu Laela. Ketika pada tahun 2012 Pemerintah Daerah Propinsi DKI Jakarta mengadakan pelatihan dalam rangka mengangkat citra batik Betawi, ibu Laela tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Dengan belajar khusus selama 3 bulan yang mendatangkan ahli batik dari Pekalongan, ibu Laela bertekad untuk memajukan dan melestarikan batik Betawi.

Batik Betawi Terogong Motif OndelOndel (dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline