Lihat ke Halaman Asli

Hidayatul Khasanah

Mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Negeri Semarang

Mahasiwa KKN UNNES Giat 9 Dorong Kreativitas Siswa SD N 2 Soropaten lewat Pelatihan Penulisan Karya Sastra

Diperbarui: 14 Agustus 2024   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi

KLATENMahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang (UNNES) Giat 9 usung program "Kelas Belajar Menulis Puisi" untuk mengenalkan lebih jauh terkait karya sastra pada siswa-siswi kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Soropaten. Program tersebut digagas lantaran masih banyaknya siswa SD yang tabu dengan karya sastra, meskipun materi tersebut telah malang melintang dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Misalnya, sebagian besar siswa masih kurang memahami mengapa puisi harus dibaca dengan penghayatan yang sedemikian rupa, mengapa struktur bait puisi harus senada, mengapa gaya bahasa yang dipilih dalam menyusun puisi itu berbeda dengan bahasa percakapan sehari-hari, dan beberapa permasalahan lainnya. Oleh karenanya, program tersebut sangat tepat guna jika direalisasikan.

Program "Kelas Belajar Menulis Puisi" tersebut dilaksanakan di SD Negeri 2 Soropaten sebanyak dua kali pertemuan, yakni pada Rabu (24/7) dan Jum'at (26/7). Pada pertemuan pertama, salah satu Mahasiswa KKN UNNES Giat 9 yang menjadi penanggung jawab program memberikan materi pengenalan karya sastra yang difokuskan pada karya puisi. 

Sumber: Dokumen Pribadi

Kemudian pada pertemuan ke dua, para siswa diarahkan untuk menciptakan puisi dan menempel karya mereka di majalah dinding (mading) sekolah. Majalah dinding itu sendiri merupakan salah satu output atau luaran yang dihasilkan dari program "Kelas Belajar Menulis Puisi". 

Sumber: Dokumen Pribadi

Selain mading, terdapat pula luaran dalam bentuk buku fisik berjudul "Aku dan Puisiku" yang berisi kumpulan puisi karya siswa-siswi kelas 4 dan 5 SD Negeri 2 Soropaten.

Sumber: Dokumen Pribadi

Melalui adanya program tersebut, penanggung jawab berharap kreativitas dan kemampuan literasi siswa SD N 2 Soropaten dapat semakin meningkat. Di samping itu, buku berjudul "Aku dan Puisiku" juga disusun sebagai bentuk penghargaan atas usaha dan antusias siswa-siswi SD N 2 Soropaten dalam menciptakan karya puisi. Berikut adalah salah satu puisi karya siswa SD N 2 Soropaten.

Merindukan Sahabatku

oleh: Mustofa Pratama


Ku tatap hamparan ruang di sekelilingku

Ku ingat di mana aku dan sahabatku bermain bersama

Sahabat karibku telah pindah ke kota

Menyisakanku yang tetap tinggal di desa

Meski ponsel tak pernah absen menjadi penghubung kami

Namun tetap saja

Tak bisa kutahan rasa rindu ini padanya


(Aku dan Puisiku hlm 16)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline