Lihat ke Halaman Asli

hanifah ikhsani

Fahutan Universitas Lancang Kuning

"Rimbawan" Gen Z Perlu Mengenal Peta Topografi

Diperbarui: 6 Agustus 2024   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi Kegiatan, 2024

Peta topografi memiliki beberapa manfaat seperti sebagai dasar perencanaan wilayah, identifikasi kerawanan dan bahaya suatu kawasan. Oleh karena itu, pembuatan peta topografi penting untuk dilakukan bagi siswa sekolah kehutanan, terutama menggunakan data drone. 

Tujuan pelaksanaan pengabdian adalah meningkatkan pengetahuan mitra mengenai pemanfaatan drone untuk pembuatan peta topografi dan pengetahuan dasar mengenai pengoperasian drone serta meningkatkan keterampilan mitra dengan memberikan pelatihan pembuatan peta topografi dari data yang diambil menggunakan drone. 

Pengabdian dilakukan di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru. Kegiatan yang dilakukan antara lain penyampaian materi mengenai pembuatan peta topografi dan pengetahuan dasar mengenai pengoperasian drone. 

Selanjutnya dilakukan praktik pembuatan peta topografi dan evaluasi kegiatan. Terdapat peningkatan pengetahuan mitra melalui sosialisasi tentang pemanfaatan drone untuk pembuatan peta topografi dan pengetahuan dasar mengenai pengoperasian drone rata-rata sebesar 25,52 %. Mitra telah memiliki keterampilan membuatan peta topografi. Hanya saja diperlukan pelatihan lanjutan mengenai materi layout peta untuk memaksimalkan peta topografi yang dibuat oleh mitra.

Dokumentasi Pribadi Kegiatan, 2024

Dokumentasi Pribadi Kegiatan, 2024

Dokumentasi Pribad Kegiatan, 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline