Lihat ke Halaman Asli

hesty indra

Guru dan Penulis, S1 Pendididkan Fisika IKIP Negeri Yogyakarta, Instansi : SMPN 2 papar, Kab. Kediri

Penguapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 13 Oktober 2022   01:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Semasa kecil, saya suka  mengamati orang dewasa meminum kopi panas dengan cara menuangkannya terlebih dahulu ke atas alas cangkir. Ketika cairan kopi panas dituangkan ke alas cangkir, akan terlihat uap tipis mengepul dari cairan kopi itu. 

Mereka melakukan hal itu agar cairan kopi menjadi lebih cepat dingin. Baru setelah  berada di jenjang sekolah yang lebih tinggi, saya mengetahui bahwa uap yang keluar dari cairan kopi panas itu adalah proses penguapan.

Penguapan  merupakan proses perubahan wujud zat cair menjadi gas. Pada saat terjadi penguapan, molekul zat cair yang memiliki energi cukup besar akan melepaskan diri dari permukaan zat cair. Penguapan ini dapat terjadi pada sembarang suhu. 

Berbeda dengan mendidih yang hanya terjadi jika zat cair telah mencapai suhu  titik didihnya. Jadi jika suatu zat cair mendidih, pasti telah mengalami penguapan. Namun jika zat cair menguap, belum tentu mencapai titik didihnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penguapan.

Memberikan energi panas ( kalor). Memanaskan zat merupakan cara untuk memberikan energi yang lebih banyak pada molekul-molekul zat cair. Energi yang lebih besar memungkinkan molekul -molekul zat cair bergerak lebih cepat dan bertumbukan lebih sering sehingga memperbesar energi kinetiknya. 

Dengan energi yang lebih besar ini, molekul zat cair lebih mudah lepas dari permukaan zat cair dan menurunkan suhu zat cair tersebut. Segelas air yang dipanaskan di atas api kompor dengan cepat akan berangsur habis karena molekul-molekul air meninggalkan permukaan air .

Memperluas permukaan zat. Menuangkan cairan kopi panas ke alas cangkir adalah salah satu contoh mempercepat penguapan dengan memperluas permukaan zat cair. Jika permukaan zat cair lebih luas, maka molekul-molekul zat cair lebih mudah meninggalkan permukaan zat cair tersebut. 

Jika kita perhatikan, cara orang menjemur pakaian basah adalah dengan menggantungkannya pada sebuah hanger atau  melebarkan pakaian tersebut pada tali jemuran. Hal ini  menyebabkan pakaian basah menjadi lebih cepat kering karena molekul-molekul air lebih cepat mengudara.

Meniupkan udara ke permukaan zat cair. Meniupi sup panas atau mengipasi sebelum menghirupnya adalah cara yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Udara yang ditiupkan ke atas permukaan sup akan membawa molekul-molekul sup meninggalkan permukaan sup. 

Dengan demikian akan memberi peluang bagi molekul-molekul sup lainnya untuk dapat lepas dari permukaan sup tersebut dengan mengambil energi dari cairan sup itu sendiri sehingga sup menjadi berangsur dingin.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline