Lihat ke Halaman Asli

Hestita Hulu

Saya Mahasiswa

Segmentasi Pasar: Manfaat, Jenis, dan Tahapannya

Diperbarui: 15 Maret 2024   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Segmentasi pasar merupakan satu dari sekian aspek penting dalam pemasaran suatu produk. Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah strategi pengembangan bisnis yang digunakan untuk mengetahui target konsumen.

Segmentasi pasar perlu dilakukan, karena terdapat banyak konsumen yang memiliki keinginan dan kebutuhan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Salah menentukan segmentasi pasar akan membuat bisnis yang Anda kelola sulit berkembang dan pada akhirnya tidak dapat menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Kebutuhan dan keinginan konsumen yang bervariasi harus menjadi pedoman dalam menyusun strategi pemasaran. Para konsumen pada umumnya menginginkan produk atau jasa yang bisa memuaskan kebutuhannya dengan harga yang mampu bersaing.

Bukan hanya itu saja, segmentasi pasar juga memiliki sejumlah manfaat menguntungkan bagi bisnis Anda. Mari simak informasi lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini agar segmentasi pasar Anda lakukan dapat berjalan efektif.

Manfaat segmentasi pasar

Segmentasi pasar dapat membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang menjadi target pemasarannya. Melalui segmentasi pasar, Anda bisa menjalankan kegiatan pemasaran dengan lebih terarah sekaligus menjadikan sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. 

Pengelompokan target konsumen sesuai karakteristiknya tentu mempunyai manfaat penting, baik manfaat jangka jangka pendek maupun manfaat jangka panjang. Berikut beberapa manfaat melakukan segmentasi pasar dalam suatu bisnis:

  • Pemilik bisnis berada dalam posisi bersaing yang lebih baik
  • Pemilik bisnis dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen pasar
  • Pemilik bisnis dapat menyesuaikan produk atau jasa yang ditawarkan agar sesuai dengan permintaan pasar
  • Pemilik bisnis dapat mengidentifikasikan peluang pasar yang menunjukkan kesempatan bagi pengembangan produk baru
  • Pemilik bisnis dapat mengidentifikasi konsumen baru yang potensial. 

Jenis-jenis Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar dibedakan berdasarkan kondisi demografi, geografi, perilaku, dan psikografi. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Segmentasi pasar berdasarkan demografi
    Dalam segmentasi pasar ini, pasar dibagi ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografi. Variabel demografi sering digunakan untuk mengelompokkan target pasar karena dinilai lebih mudah.
    Variabel demografi yang dimaksud adalah usia, jenis kelamin, jumlah penduduk, jumlah keluarga, penghasilan, pekerjaan, jenjang pendidikan, dan kewarganegaraan.

  2. Segmentasi pasar berdasarkan geografis
    Target pasar dalam segmentasi jenis ini dibedakan berdasarkan kondisi geografisnya. Dalam hal ini, calon konsumen akan dikelompokkan dengan mengacu pada desa, kecamatan, kota, kabupaten, dan provinsi tempat tinggal.
    Segmentasi geografi perlu dipertimbangkan karena kebutuhan produk atau jasa berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung dengan lokasi dan cuaca di sana.

  3. Segmentasi pasar berdasarkan perilaku
    Segmentasi yang didasarkan dengan perilaku akan membagi konsumen menjadi beberapa kelompok yang didasari oleh penggunaan, pengetahuan, respons atau sikap mereka dalam menanggapi produk. Melalui segmentasi jenis ini, Anda dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen terhadap sebuah bisnis.
    Beberapa orang percaya bahwa variabel perilaku merupakan awalan yang baik untuk membangun segmen pasar. Apabila diterapkan dengan baik, Anda bisa menyusun strategi untuk membangun brand loyalty bagi bisnis yang dijalankan.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline