Lihat ke Halaman Asli

Hesti Sastia Wahyuningsih

Universitas Sebelas Maret

SDN Gedongan 01 Selenggarakan Gelar Karya Bertema: Bhinneka Tunggal Ika

Diperbarui: 18 Juni 2023   02:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SD Negeri Gedongan 01 selenggarakan Gelar Karya bertema: Bhinneka Tunggal Ika sekaligus Membangkitkan Jiwa Entrepreneurship Siswa

SD Negeri Gedongan 01 merupakan sekolah dasar negeri yang terletak di Jl Melati No. 10 Desa Gedongan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. SD Negeri Gedongan 01 sangat menjunjung tinggi  budaya dan kesenian Indonesia.

Selasa, 13 Juni 2023 SD Negeri Gedongan 01 mengadakan Gelar Budaya bertajuk Mengenal Indonesia Lebih dekat. Acara gelar karya tersebut awalnya dimaksudkan untuk acara P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bagi kelas yang menerapkan Kurikulum Merdeka yaitu kelas 1 dan 4. Akan tetapi, akhirnya terjadi kolaborasi dengan kelas-kelas yang lain. Di acara tersebut, tidak hanya ada penampilan seni tetapi ada juga kegiatan jual-beli. Kegiatan jual beli diikuti oleh seluruh kelas dari kelas 1 sampai 6. Setiap kelas mendirikan stand makanan dan menjual makanan yang berbeda-beda. Ada jajanan tradisional, minuman segar, dan bahkan makanan berat.

Adapun aneka minuman dan makanan yang dijual yaitu es cincau, es chocolatos, es krim mini, terang bulan, sari kacang hijau, kue sus, permen milkita, risoles, donat, onde-onde, bakpao, kroket, ubi keripik, getuk krispi, telur asin, dan nasi telur. Adanya mendirikan stand jualan dan terjadinya praktik jualan dapat memantik jiwa entrepreneurship peserta didik. Jiwa entrepreneurship atau jiwa kewirausahaan adalah jiwa yang muncul berupa inovasi yang dihasilkan dari kekreatifannya (ide-ide) menjadi suatu bisnis yang menguntungkan hingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan. 

Kemudian, pertunjukan seninya berupa tari-tarian yang diselingi penyampaian pembuatan karya P5. Ada Tari Pelajar Pancasila oleh kelas 1, Tari Ampar-Ampar Pisang oleh kelas 2, Tari Lilin oleh kelas 5, Tari Jaranan oleh Sulton (kelas 4) dan Afif (kelas 6), Tari Gembira oleh Vika (3) dan Jessica (5), dan Tari Cetak oleh Vika (3), Maura (4), dan Jessica (5). Tari Cetak tersebut merupakan tarian yang dibawakan oleh perwakilan SDN Gedongan 01 dalam lomba FLS2N dan mendapatkan Juara Harapan 1. Kemudian, karya P5 dari kelas 1 berupa gambar yang merupakan cerminan dari salah satu sila Pancasila. Sedangkan, kelas 4 membuat telur asin dan kursi mini dari ecobrick.

Acara gelar karya terbuka untuk umum. Beberapa wali siswa dan masyarakat sekitar SD Negeri Gedongan 01 datang untuk membeli minuman dan jajanan atau menonton pertunjukan seninya. Gelar karya merupakan acara pertunjukan seni yang patut mendapat acungan jempol. Di zaman yang kekinian, seni perlu terus dijaga kelestariannya yakni dengan kita belajar seni tersebut ataupun menyaksikan acara pertunjukan seni. Harapan kedepannya, semoga banyak acara-acara pertunjukan seni yang diselenggarakan sehingga kesenian Indonesia sebagai salah satu kejayaan bangsa tidak punah atau hilang tergerus zaman. 

Acara gelar karya SD Negeri Gedongan 01 berlangsung seru dan lancar. Acara tersebut diakhiri dengan penampilan paduan suara oleh kelas 6 dan musikalisasi puisi oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline