Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan KKL di Purwokerto

Diperbarui: 29 Agustus 2023   16:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salahsatu program kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khususnya Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Kegiatan ini juga merupakan sebuah bentuk keterlibatan dengan beberapa mata kuliah seperti ekonomi, akuntansi, sosiologi, dan lain sebagainya yang bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berkenaan dengan konsep, teori, dan pengetahuan yang diperoleh selama di kelas.

Biasanya program kegiatan KKL ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tetapi dikarenakan beberapa tahun lalu terhambat oleh adanya Covid-19 maka kegiatan ini sempat tertunda. Sehingga pada tahun ini diadakan kembali kegiatan KKL tujuan Purwokerto dan Yogyakarta diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang dari semester 4 sampai 8 yang dilaksanakan pada tanggal 06-09 Agustus 2023.

Dokumen Pribadi

Selama di Purwokerto mahasiswa PEKO (Pendidikan Ekonomi) melakukan kunjungan ke  Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Banyak sekali fakultas yang ada di sana seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Pertanian dan lain-lain. Kemudian mahasiswa PEKO diarahkan untuk memasuki ruangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan mendengarkan pemaparan seputar perkuliahan yang ada di Universitas Jenderal Soedirman dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Setelah itu mahasiswa PEKO diperbolehkan untuk mengelilingi area kampus yang mana terlihat sangat bersih dan rapi serta banyak pohon-pohon rindang yang membuat suasananya terlihat asri dan nyaman.

Dilanjutkan dengan kunjungan kedua yaitu ke PT. Sutanto ArifChandra Electronik (PT SAE) yang merupakan perusahaan industri asli Indonesia yang bergerak di bidang industri kabel dengan nama produk "Kabel Kitani".

Dokumen Pribadi

Selama di sana mahasiswa PEKO diajak untuk melihat secara langsung para karyawan yang bekerja selama proses pembuatan kabel Kitani. Mulai dari bagian gudang, pemilihan bahan baku (tembaga), proses extruder, drawing dan roll bunching dan masih banyak lagi sehingga hasil akhir menghasilkan produk kabel Kitani yang baik dan berkualitas. Banyak sekali jenis kabel yang di produksi di sana seperti kabel untuk aksesoris telephone, kabel audio/video, dan kabel tegangan rendah.

PT SAE memiliki infrastruktur dan alat produksi yang lengkap serta memperkerjakan para staf teknik yang berpengalaman sehingga kabel Kitani sudah bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia) dan sudah terakreditasi ISO 9001:2015 (The Internasional Organization for Standardization).

Kunci kesuksesan PT SAE ini adalah pentingnya pembinaan hubungan jangka panjang yang baik dengan konsumen serta senantiasa mengembangkan dan mempertahankan kemitraan yang saling menguntungkan. PT SAE akan terus menjadi perusahaan yang memperioritaskan hubungan kerjasama. Jaminan kualitas adalah semboyan yang senantiasa dpegang dalam proses produksi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline