Lihat ke Halaman Asli

Hesti CS

Bank Indonesia

Aplikasi PINTAR, Tukar Uang Makin Mudah

Diperbarui: 18 Desember 2023   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Di tengah pesatnya perkembangan era digital, Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral kembali mengambil langkah inovatif dengan meluncurkan aplikasi PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah). Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru, aplikasi ini juga memberikan akses cepat terhadap layanan kas Bank indonesia.

Untuk itu, mari kita ulik lebih dalam mengenai aplikasi PINTAR, fitur-fitur andalannya, serta dua layanan teranyar yang baru-baru ini diperkenalkan oleh BI. Jadi, simak terus artikel berikut sampai habis, ya.

Sekilas Tentang Aplikasi PINTAR

Apa itu aplikasi PINTAR? Secara garis besar, aplikasi PINTAR adalah bukti dari langkah revolusioner yang diambil oleh Bank Indonesia untuk memfasilitas proses penukaran uang baru secara daring.

Tujuan dari pembuatan aplikasi PINTAR tak lain adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan layanan kas dari Bank Indonesia. Semula, aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 2020 untuk mempermudah masyarakat dalam menukarkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dan uang rupiah rusak atau cacat.

Kendati disebut sebagai aplikasi, pengguna tak perlu mengunduhnya di Play Store atau App Store. Hingga saat ini, aplikasi PINTAR hanya dapat diakses melalui laman resmi PINTAR  pintar.bi.go.id di browser.

Layanan pada Aplikasi PINTAR

Aplikasi PINTAR dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna mengakses layanan kas Bank Indonesia. Di antaranya adalah:

1. Pemesanan dan penukaran rupiah melalui layanan kas keliling

Dengan aplikasi PINTAR, pengguna bisa menukar uang rupiah lama ke uang baru melalui kas keliling BI. Melalui pilihan fitur ini, kamu bisa menentukan lokasi, tanggal, serta waktu untuk mengakses layanan kas keliling.

Namun, perlu diketahui bahwa terdapat batas jumlah penukaran uang melalui layanan ini. Khusus untuk uang kertas dengan tahun emisi 2022, kamu hanya bisa menukar uang dalam bentuk paket senilai 200 ribu rupiah dan maksimal penukaran adalah 5 paket.

2. Pemesanan dan penukaran uang cacat/rusak di kantor BI

Aplikasi PINTAR dapat digunakan untuk menukar uang rupiah yang rusak atau cacat menjadi uang baru di kantor Bank Indonesia. Kamu dapat menentukan tanggal dan waktu untuk melakukan reservasi layanan pada menu yang sudah disediakan.

Sama seperti jenis layanan sebelumnya, terdapat batas jumlah layanan penukaran rupiah yang rusak atau cacat. Selain itu, layanan ini tidak tersedia pada hari cuti bersama atau libur nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dua Layanan Baru Aplikasi PINTAR

Aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia kembali menghadirkan dua jenis layanan baru yang cukup inovatif. Kedua layanan ini secara resmi diluncurkan pada 31 Januari 2023. Adapun layanan yang dimaksud antara lain:

1. Pemesanan dan pembelian rupiah bersambung atau uncut banknotes

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline