Lihat ke Halaman Asli

Hestiana Falikhatur

Mahasiswa Inisnu Temanggung

Media Game Three Candies dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD

Diperbarui: 1 Juli 2024   02:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam bidang pendidikan. Pembelajaran bahasa Indonesia diajarkan pada semua jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat paling awal, yaitu sekolah dasar, hingga jenjang tertinggi, yaitu perguruan tinggi.  Proses belajar mengajar bahasa Indonesia di tingkat dasar mendapat perhatian khusus karena cakupan materi yang sangat luas. Selain itu, bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam pembangunan IPTEK. Oleh karena itu, keberhasilan dalam memahami materi bahasa Indonesia menjadi sangat penting bagi peserta didik. Rata-rata pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat sekolah dasar masih menggunakan metode konvensional atau masih berpegang teguh pada suatu ketentuan, serta pendidik belum mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi secara maksimal. Tanpa disadari, hal ini menjadi penyebab dari rendahnya hasil belajar.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut pendidik alangkah baiknya memiliki strategi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yakti dengan cara memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dipilih yakni pemanfaatan game edukasi gamilab dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Game edukasi adalah kombinasi dari berbagai konten edukatif, prinsip-prinsip pembelajaran, dan elemen permainan, sesuai dengan pendapat yang dinyatakan oleh. Permainan atau game edukasi berfungsi sebagai pengalih atau penghilang rasa jenuh, sehingga membuat pembelajaran lebih bermakna. Media game Three Candies ini merupakan game edukasi yang dirancang untuk membantu peserta didik SD/MI dalam memahami materi yang disampaikan oleh pendidik dan membantu pendidik untuk menciptakan kelas yang aktif dan interaktif. Game ini berisi berbagai pertanyaan dengan tujuan menguji pemahaman peserta didik dalam materi Bahas Indonesia kelas V SD/MI. 1) Peningkatan pemahaman      : Membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, 2) Pembelajaran yang aktif           : Menjadikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangan dan aktif

Adapun keunggulan media game Three Candies yaitu:

  • Interaktif dan Menarik: Three Candies dirancang untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik, mendorong peserta didik untuk lebih aktif terlibat.
  • Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Permainan ini menantang pemain untuk berpikir strategis dan kritis dalam menyelesaikan masalah, yang membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis.
  • Meningkatkan Daya Ingat: Dengan berbagai tantangan dan tingkat kesulitan, Three Candies dapat membantu meningkatkan daya ingat dan retensi informasi peserta didik.
  • Pembelajaran yang Menyenangkan: Menggabungkan elemen permainan dengan pembelajaran menjadikan proses belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.
  • Fleksibilitas Penggunaan: Media ini dapat digunakan dalam berbagai setting pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, serta dapat diakses melalui berbagai perangkat digital.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, media game Three Candies menjadi alat yang efektif untuk mendukung proses pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan. Secara keseluruhan, media game Three Candies merupakan media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Media ini dapat diimplementasikan melewati cakupan yang luas guna menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan interaktif. Dengan dukungan dari sekolah, pendidik, dan peserta didik, produk ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dalam dunia pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline