Lihat ke Halaman Asli

Hessy Rahma

Mahasiswa Teknik Lingkungan

Mencegah Penularan Covid-19, Maka Mahasiswa KKN Undip Mengajak Masyarakat Mengonsumsi Ikan

Diperbarui: 12 Agustus 2022   17:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Gajahmungkur, Semarang (08/08/2022) -- Kebanyakan masyarakat masih kurang sadar akan pentingnya konsumsi ikan selama Pandemi Covid-19. Mengingat data per 12 Agustus 2022 bahwa kasus jumlah positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 6.255.679 orang dengan kasus kematiannya 157.131 orang. Hal tersebut terjadi karena adanya kurang pemahaman masyarakat tentang informasi gizi dan manfaat konsumsi dari ikan bagi kesehatan tubuh. Jadi, konsumsi ikan dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

Hal tersebut dikarenakan ikan mengandung Protein, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, Flour, Selenium, Yodium, Seng, Asam Lemak Tak Jenuh, Zat Besi, Omega 3, Omega 6 dan Omega 9. 

Kandungan ini dapat mencegah penularan Covid-19 melalui peningkatan sistem daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi terhadap masyarakat mengenai Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dalam mencegah penularan Covid-19. 

dokpri

Sosialisasi ini berlangsung pada 8 Agustus 2022 bertempat Pos Paud Mawar Putih RW IX Kelurahan Gajahmungkur dengan cara menjelaskan poster berisi tentang informasi gizi dan manfaat konsumsi ikan bagi kesehatan tubuh dan penempelan poster di fasilitas umum seperti Pos Paud Mawar Putih dan Balai RW IX serta Kantor Kelurahan Gajahmungkur. Kegiatan ini berlangsung secara aktif dua arah dari pembicara dengan pendengar dan sebaliknya juga.

Melalui program kerja KKN ini diharapkan dapat tercapai tujuan antara lain;
1. Mendorong minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan;
2. Meningkatkan pembangunan ekonomi pesisir melalui jual-beli ikan;
3. Memaksimalkan potensi sumberdaya perikanan yang besar di Indonesia.

Penulis : Widiarso Patadungan -- Prodi Perikanan Tangkap -- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan -- Universitas Diponegoro.
Lokasi : Pos Paud Mawar Putih RW IX Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.
DPL : Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.

#KKNtimIIperiode2022 #p2kknundip #lppmundip #undip




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline