Lihat ke Halaman Asli

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMP Negeri 42 Jakarta

Diperbarui: 30 September 2023   08:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Penceramah menyampaikan materinya (dokpri)

Pada hari jumat tanggal 29 September 2023 hampir seluruh sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar sampai menengah semua nya melaksanakan kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Momentum hari jumat kemarin diambil karena memang tanggal yang strategis sehingga sangat tepat jika diadakan kegiatan yang menumbuhkan nilai-nilai religius di kalangan siswa. Tanpa terkecuali bagi SMP Negeri 42 Jakarta juga ikut meramaikan dan memaksimalkan hari jumat kemarin dengan kegiatan maulid nabi Muhammad SAW yang bermanfaat bagi siswa.

Ada hal yang menarik pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini selain diselenggarakan secara sederhana. Pihak panitia mengundang Habib Abdul Hakim Al Azmatkhan sebagai penceramah yang kebetulan beliau merupakan alumni SMPN 42 Jakarta tahun 1990. Kegiatan kemarin dijadikan momentum untuk bersilaturahmi, reuni, sekaligus mengenang masa ketika masih sekolah.

Foto bersama dewan Guru (dokpri)

Kegiatan diawali dengan tabuhan musik hadroh dari siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler rohis. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana kegiatan bapak Ali Efendi yang mengingatkan kepada seluruh siswa untuk meneladani Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya kepala SMPN 42 Jakarta Bapak H. Sihabudin dalam sambutannya juga mengingatkan kepada seluruh siswa selain meneladani rasulullah beliau juga menghimbau kepada seluruh siswa untuk menghindari tawuran, bullying yang sedang marak dan viral belakangan ini.

Dan yang tak kalah seru yaitu tausiyah dari penceramah selain beliau menyampaikan materinya tentang maulid nabi beliau juga memberikan pesan untuk selalu menghormati guru. Dan melakukan berbagai kegiatan yang positif selama di sekolah, beliau juga menceritakan pengalaman beliau ketika masih menjadi siswa di SMP Negeri 42 Jakarta. Disampaikan dengan santai dan lembut sehingga seluruh siswa mendengarkan apa saja yang disampaikan oleh penceramah.

Kegiatan maulid nabi Muhammad SAW dilanjutkan dengan penampilan dari setiap siswa baik itu marawis, hadroh, puisi Islami dari perwakilan siswa. Kemudian ditutup dengan pengumuman lomba kebersihan kelas yang bulan ini dimenangkan oleh kelas 8E.

Hal yang terpenting dalam kegiatan maulid ini bukan hanya sebagai seremonial semata tetapi harus benar-benar menerapkan dan meneladani rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline