Lihat ke Halaman Asli

heryanti septia

Mahasiswa S-1 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Pentingnya Strategi Green Marketing bagi Pelaku UMKM: Mahasiswa KKN Tematik Undip Kenalkan Produk Ramah Lingkungan (Paper Box Eco-Friendly)

Diperbarui: 11 Februari 2024   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengenalan Green Marketing; Paper Box Eco-Friendly kepada Pelaku UMKM | Sumber: Penulis

Tembalang, 30 November 2023 -- Heryanti Septia, mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponergoro melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Tembalang, melalui program Green Marketing, yaitu Pengenalan Kemasan Produk Ramah Lingkungan (paper box eco-friendly) kepada Pelaku UMKM di sekitar wilayah RW.04 Kelurahan Tembalang.

Hal tersebut berangkat dari latar belakang masalah yang ada, bahwa "Pemberdayaan Masyarakat" yang menjadi tema dalam KKN Tematik ini memiliki perluasan makna, yakni tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar, namun juga memiliki mekanisme dalam mencegah kemiskinan lebih lanjut. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia dan juga sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru dalam mengurangi kemiskinan. Sektor UMKM di Indonesia akhir-akhir ini berkembang pesat, namun masih ada beberapa kendala untuk memperluas pasar dan bersaing di bidang bisnis.

Salah satu dari banyaknya kendala adalah pada minimnya pengetahuan mengenai bagaimana cara memaksimalkan produk usahanya. Berdasarkan pengamatan penulis, lingkungan sekitar Kampus Undip, khususnya di RW.04 Kelurahan Tembalang, merupakan salah satu wilayah yang termasuk kawasan strategis karena merupakan akses bagi para mahasiswa Kampus Undip dan warga setempat. Banyaknya mahasiswa yang berada di lingkungan sekitar Kampus Undip, memberikan dampak pada munculnya berbagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di lingkungan tersebut. Namun, pelaku UMKM di sekitar Kampus Undip, khsusunya di RW.04 Kelurahan Tembalang, masih memiliki wawasan terbatas mengenai bagaimana cara mengemas produk usaha yang ramah lingkungan, dimana pemakaian sumber daya terbatas dan sulit didaur ulang seperti plastik masih tidak terkendali dan mencemari lingkungan.

Oleh karena itu,  melalui program pengenalan strategi green marketing dan pemberian kemasan produk ramah lingkungan, yaitu paper box eco-friendly, pelaksanaan program pemberdayaan ini diharapkan dapat  memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM di lingkungan sekitar Kampus Undip untuk dapat memaksimalkan pemasaran produk usaha mereka dengan tetap meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan dalam proses produksi dan pemasaran produk sebagai bentuk kelestarian lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline