Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Menulis Penting?

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kata Pramoedya Ananta Toer: menulis itu bekerja untuk keabadian. Dengan menulis, maka seseorang akan terus ada sekalipun jasadnya sudah dipendam tanah. Seseorang yang rajin menulis maka hidupnya akan abadi, tak lekang di gerus zaman. Ia senantiasa hidup berkat karya-karyanya. Keabadiannya terletak pada karya-karya tulisannya yang dibaca banyak orang, yang pada akhirnya mengalirkan pahala kebaikan bagi si empunya tulisan.

Para bapak bangsa kita: Tan Malaka yang buku tentanganya karya sejarawan Belanda Harry A. Poeze dilarang di bedah di Surabaya oleh FPI, Soekarno, Habibie, Gusdur dan seterusnya selain seorang negarawan ialah juga seorang penulis. Begitu juga dengan Seokarno, Hatta, Syahrir, Habibie, sampai Gusdur yang juga rajin menulis. Tulisan-tulisan mereka tersebar di berbagai media, jurnal, dan buku. Pemikiran-pemikiran mereka dapat terus kita nikmati untuk diambil saripati hikmahnya sekalipun mereka telah tiada. Celotehan-celotehan intelektualnya, sampai bumi ini hancur, dapat “diseruput” tanpa kenal waktu. Mereka ada dalam tiap-tiap kalimat tulisannya itu!

Karya tulisan seseorang (terutama yang diterbitkan baik berupa buku, media cetak, online, dst) merupakan alur pemikiran mendalam dan komprehensif atas suatu permasalahan sebagai bentuk sumbangsihnya terhadap masyarakat. Dengan tulisannya itu, bukan tidak mungkin, jalan pemikirannya akan dipakai untuk kepentingan banyak orang. Semakin sering dia menulis maka semakin banyak orang percaya bahwa dia seorang ahli berkaitan dengan hal yang ditulisnya.

Tak terhitung orang yang karena tulisan-tulisannya baik di media maupun buku dikenal masyarakat sebagai seorang ahli di bidang tertentu (sesuai dengan yang ia tulisnya), diundang ke acara-acara seminar, dijadikan narasumber. Pun, kini trennya, makin banyak politisi yang memang pada dasarnya membutuhkan publisitas supaya dikenal dan kemudian dipilih ketika pemilihan umum nantinya, menjadikan ruang media atau buku sebagai sarana untuk “pencitraannya”. Menulis memang akan memberikan efek berganda (multiflyer effect).

Kurangnya Kesadaran Literasi

Dalam konteks pada politisi, harus diakui memang belum banyak yang menyadari urgensi membangun citra diri lewat tulisan. Mereka masih memandang lebih penting menjual diri via baliho, spanduk, atau blusukan ala Jokowi dengan modal sembako atau bagi-bagi uang. Untuk kepentingan jangka pendek yang instan, menjual diri dengan cara seperti itu boleh saja memberikan hasil menggembirakan. Namun apakah mendidik masyarakat? Apakah kita tega terus-menerus mencekoki masyarakat dengan politik uang atau politik sembako ketimbang dengan politik intelektual atau politik ide?

Apa yang dilakukan politikus-politikus yang sadar literasi seperti Budiman Sudjatmiko, Anis Matta, Bambang Soesatyo, Marzuki Alie, Pramono Anung, dan lainnya merupakan hal yang ideal. Mereka rajin menulis di media massa nasional untuk memberitahukan jalan pemikiran atau gagasannya kepada masyarakat dalam membangun bangsa yang besar ini. Mereka dihargai sebagai politisi-intelektual yang lebih mementingkan gaya berpolitik-pencerdasan ketimbang banyak menghambur-hamburkan uangnya beriklan-alay hanya untuk mengatrol tingkat elektabilitasnya.

Sayangnya, jumlah mereka sangatlah sedikit. Tak sebanding dengan jumlah anggota dewan nasional yang 500-an lebih. Karenanya, diperlukan kesadaran kolektif bagi para politisi lainnya untuk juga menuangkan gagasan dan pandangannya sesuai dengan bidangnya sehingga akan terjadi pertarungan ide yang konstruktif. Betapa indahnya ketika suatu waktu politikus A mengeluarkan gagasan di koran A, kemudian gagasannya itu dikoreksi, dibantah atau bahkan dibantai oleh politikus B di koran yang sama. Pertarungan opini dan pencerdasanpun dapat terjadi.

Pertarungan ide secara tertulis tentu berbeda dengan debat kusir di media televisi yang biasanya hanya terjadi ketika acara tersebut ditayangkan. Perdebatan ide secara tertulis akan mudah memintakan pertanggujawabannya kepada si empunya ide karena ada arsip atau datanya yang mudah dijangkau (apalagi sekarang biasanya media-media menyimpan arsipnya secara online yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun). Ketika ada politikus yang mengelak atau pura-pura lupa disaat dimintakan pertanggunganjawab atas segala statementnya yang dimuat media, maka masyarakat bisa menyodorkan data tulisannya tersebut.

Tak Ada Waktu atau Kurang Piawai Menulis

Yang terpenting ialah bukan kepiawaian dalam menulis—meskipun tak ada salahnya untuk jago menulis—melainkan keinginan untuk memikirkan posisi dan tugas-tugasnya sebagai pejabat atau wakil rakyat, yang kemudian dibagikan kepada masyarakat melalui media: koran, buku, website. Ada banyak anggota dewan atau politisi yang tidak punya waktu untuk menulis—karena memang menulis membutuhkan waktu yang panjang—atau kurang piawai untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, namun nama mereka konsisten nangkring di media massa atau websitenya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline