Lihat ke Halaman Asli

Hery Purnama

Suka Menulis | Suka Fotografi | Suka Pecel

Potret Inspiratif Alumni Ar Rohmah Malang Kuliah di MSU Malaysia

Diperbarui: 19 Oktober 2024   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Santri Ar Rahmah Malang Berbagi Kisah Inspiratif Kuliah di MSU Malaysia

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh salah satu alumni SMA Ar Rohmah Putra Islamic Boarding School Pesantren Hidayatullah Malang.

Maghdan Irsyad Nugroho, alumni angkatan ke-25, berhasil melanjutkan studinya di salah satu kampus ternama di Malaysia. Yakni, Management & Science University Malaysia yang merupakan salah satu universitas terbaik di Asia Tenggara.

Irsyad, demikian sapaan akrabnya, selama ini dikenal sebagai santri berprestasi menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian tersebut.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya sangat berterima kasih kepada para ustadz dan seluruh pihak di SMA Ar Rohmah Putra Malang yang telah membimbing saya selama ini,"ungkapnya pada saat berbicara dihadapan seluruh santri SMA, Sabtu (19/10).

Irsyad diterima di Jurusan Optometri Fakultas Kesehatan dan Ilmu Hayati setelah melalui proses seleksi yang ketat. Dalam acara "Bincang Alumni Berbagi Inspirasi" yang digelar tiap bulan itu, ia mengungkapkan bahwa semua aktivitas yang dilakoninya selama di pesantren sungguh berarti dan berharga bagi hidupnya kini. Salah satunya sangat membantunya dalam menghadapi ujian masuk universitas yang berada di Shah Alam, Selangor, Malaysia tersebut.

Ia juga mengaku bahwa tempaan hidup yang dilaluinya selama nyantri di SMA Ar Rohmah Malang, telah membentuk karakter dirinya sehingga menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Sehingga ia begitu siap menghadapi berbagai halangan dan rintangan saat menempuh pendidikan tinggi di Negeri Jiran.

Dalam acara yang berlangsung mulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB. di aula SMA tersebut, Irsyad juga memaparkan berbagai seluk-beluk tentang kuliah di Malaysia. Mulai dari ragam jurusan yang bisa dipilih, persiapan dan proses seleksi masuknya, aktivitas perkuliahan sehari-hari, peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk  menopang kuliah, maupun berbagai tantangan dan kendala yang kerap muncul dan harus dihadapi.

Sementara itu, Waka. Kesiswaan SMA Ar Rohmah Putra Malang, Mawardi, menuturkan bahwa pencapaian Irsyad merupakan salah satu bukti dari kualitas pendidikan yang diterapkan di Ar Rohmah Malang.

"Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada santri-santri kami. Tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam pengembangan karakter dan spiritualitas. Keberhasilan Irsyad adalah inspirasi bagi seluruh siswa di Nusantara untuk terus berprestasi dan tidak berhenti mengejar impian yang tinggi," kata Ustadz Mawardi, demikian akrab dipanggil.

Prestasi Irsyad itu, lanjut Ustadz Mawardi, juga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi adik-adik kelasnya di  SMA Ar Rohmah Malang untuk selalu giat belajar, dan berani mengantungkan cita-cita setinggi angkasa. Menurutnya, tak ada yang mustahil dalam hidup ini, meskipun berbagai tantangan selalu menghadang. Dan ia adalah salah satu contoh bahwa dengan ikhtiar maksimal, doa, dan tawakkal kepada Allah, mimpi besar pun bisa menjadi kenyataan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline