Lihat ke Halaman Asli

Heru Sudrajat

pernah menjadi PNS di Disnaker Propinsi Jambi dan pernah bekerja di Harian Sriwijaya Pos Palembang

BFC Bangka Gelar Ekspedisi Merah Putih Menjaga Alam Lestari.

Diperbarui: 27 Agustus 2018   08:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bakam,

Keluarga besar BFC (Bangka Flora Society), Kabupaten Bangka gelar kegiatan ekspedisi Merah Putih, dengan mengusung tema "Kemerdekaan yang hakiki, manakala hutan dan alam tetap terjaga kelestariannya". Kegiatan yang digelar di Bukit Panca, Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Minggu (26/08/2018) diikuti 60 kelompok sahabat alam dari berbagai elemen masyarakat.

Menurut Ketua BFC Bangka, Dian Rosana Anggaraini, kegiatan ini dalam rangka memperingati  hari kemerdekaan RI ke 73. Dan digelar setiap tahunnya oleh Bangka Flora Society guna tetap menjaga kelestarian hutan serta lingkungan. Para peserta dibekali pengetahuan tentang kekayaan, keragaman flora fauna maupun adat istiadat yang ada didaerah ini dan yang ada di Indonesia. 

Kemudian para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya serta penghormatan kepada bendera merah putih. Selain itu kegiatan juga diisi dengan berbagai lomba,"Diharapkan para peserta mencintai tanah air dan bisa membantu mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan. Kemudian peka terhadap kondisi kekinian, seperti mencegah kebakaran hutan serta lahan,"jelasnya.

Sementara Kepala Desa Bukit Layang, Andri menyambut baik kegiatan ini dan berharap akan ada kegiatan lagi yang lebih digarap dengan maksimal, yaitu konservasi lanjutan,"Selain mendaki bukit, saya berharap dapat menginventarisir flora yang ada di Bukit Panca,"harapnya.

Disisi lain menurut salah satu peserta, Andriamanda Safira dari Petaling, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi generasi muda,"Banyak pengetahuan yang didapat dikegiatan ini. Alhamdulillah regu kami menjuarai lomba pesan berantai,"ujarnya.

Kegiatan juga dikuti perangkat desa, Ketua kelompok tani, Susilo dan kader konservasi nasional, Zulfakar. (heru sudrajat)

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline