Pelestarian alam dan menciptakan keseimbangan bumi menjadi sebuah topik yang sering di gaung-gaungkan pada saat ini. Menjaga alam dan bumi merupakan sebuah tanggung jawab bersama guna menjaga pelestarian alam dari kerusakan yang merupakan efek dari ketidak seimbangan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Sudah sepatutnya para generasi muda untuk menjaga bumi dan alam kita agar tetap lestari. bukan untuk kita, namun untuk anak cucu kita kelak. Tentunya sebagai generasi muda, kita bersama-sama ikut bertanggung jawab dalam kelangsungan alam kita.
Banyak cara generasi milenial dalam menyayangi dan menjaga lingkungan dan bumi tercinta ini salah satunya adalah event yang di adakan oleh salah satu organisasi NGO yang konsen terhadap pelestarian bumi yaitu earth hour. Pada tanggal 29-30 september kemarin lebih tempat nya di hari sabtu minggu earth hours bogor mengadakan event yang biasa di lakukan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap pelestarian lingkungan dan alam ini kembali di adakan.
Event yang bertajuk Bogor Green Camp ini merupakan event pertama yang di adakan Earth hour bogor yang merupakan rangkaian kampanye #Beliyangbaik. Bogor green camp kali ini mengusung tema Beli Yang Baik, sebuah gerakan yang di prakarsai WWF indonesia untuk mengenali berbagai produk yang telah ramah lingkungan dan sudah tersertifikasi sebagai produk yang baik. Bogor green camp kali ini di ikuti oleh sekitar 66 peserta yang sebagian besar merupakan Mahasiswa yang tersebar di beberapa universitas di kota bogor.
Menurut rado selaku koordinator volunteer development earth hour menuturkan bahwa program ini bertujuan untuk mengedukasi para pemuda tentang Beli Yang Baik agar lebih aware terhadap produk yang mereka beli, serta lebih memilih produk yang ramah lingkungan karna sebagaimana kita tahu bahwa beberapa produk tidak memiliki tanggung jawab untuk pelestarian alam dimana mereka hanya memproduksi secara besar-besaran tanpa melihat efek dari hasil produksi mereka.
Bogor green camp merupakan salah satu rangkaian kampanye #beliyangbaik yang merupakan gerakan kebaikan untuk menyadarkan generasi muda untuk lebih menjaga alam dan bumi kita tercinta.
Selanjutnya rado menuturkan bahwa poin-poin penting dalam kampanye #beliyangbaik ini adalah mendorong perubahan gaya konsumsi masyarakat ke arah konsumsi yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, kemudian juga menyadarkan konsumen untuk menjadi konsumen yang lebih bertanggung jawab agar pola konsumen kita tidak berdampak buruk bagi lingkungan
Sedikit informasi mengenai gerakan #beli yang baik, kampanye ini merupakan sebuah gerakan yang di prakarsai oleh WWF indonesia sejak 2015. Bogor green camp mengajak para mahasiswa untuk menyebarkan apa makna yang terkandung dalam kampanye #beliyangbaik untuk di sebarkan di lingkungan kampusnya masing-masing sebagai energi positif dalam melestarikan bumi.
Tak hanya itu, para peserta dalam acara bogor green camp juga di tuntut untuk bisa bekerja sama dalam team karna para peserta di bagi menjadi beberapa kelompok dalam mengikuti rangkaian acara perkemahan, uniknya nama-nama kelompok di ambil dari hewan-hewan langka seperti badak dan harimau.
Bogor green camp sendiri menargetkan sekitar 1500 mahasiswa yang sudah menyadari akan penting nya kampanye #beliyangbaik. Selain bogor green camp rangkaian kegiatan lainnya dalam kampanye #beliyangbaik adalah drawing and coming competition, video blogging competition, bogor youth festival, dan live mural colaborAction yang sayang untuk di lewatkan pastinya.