Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Keuangan Pribadi

Diperbarui: 11 Agustus 2024   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen keuangan pribadi merupakan dasar ilmu ekonomi yang harus dipunyai oleh setiap orang, karena dengan mempunyai ilmu manajemen keuangan pribadi kita bisa mengelolah dan mengatur uang secara baik dan benar 

bagaimana cara kita mengatur keuangan dengan baik?

salah satu cara tradisional yaitu dengan cara mencatat seluruh pengeluaran dengan mencatat kita bisa tahu kalau apakah kita itu boros atau tidak. 

yang kedua yaitu membuat alokasi gaji, dengan ini kita tahu gaji kita itu dialokasikan kemana saja dan sudah jelas arah tujuan uang itu kemana.

yang ketiga yaitu hindari hutang dan cicilan, karena jika kita punya hutang atau cicilan maka kita mempunyai tangguan dan itu Sangat berpengaruh karena tidak sesuai dengan alokasi gaji kita.

yang keempat yaitu siapkan dana darurat,karena biar kita tidak tergesa-gesa mecari pinjaman uang jika ada sesuatu yang darurat.

yang kelima yaitu menabung, menabung merupakan cara yang sangat sederhana tapi tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut karena menabung memang berat tapi manfaatnya juga besar.karena dengan menabung kita bisa mendapat barang yang kita inginkan.

yang keenam yaitu investai.banyak dizaman sekarang perusahaan-perusahaan besar yang membuka investasi tapi banyak juga orang yang tidak tahu bagaimana cara investasi.

dalam manajemen keuangan pribadi ada banyak hal yang harus kita perhatikan, misalnya :kartu kredit/kartu ATM,dana darurat/dana cadangan dan gaji 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline