Lihat ke Halaman Asli

Herumawan P A

Pernah menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Menyukai olahraga sepakbola, sedang belajar menjadi citizen Juornalism dan suka menulis apapun. Mulai dari artikel sepak bola, cerita remaja, cerita pendek, cerita anak hingga cerita misteri.

Misi Berat Timnas U-23 Indonesia di Sepak Bola Asian Games 2018

Diperbarui: 31 Juli 2018   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(pssi.org)


Timnas U23 Indonesia tergabung di grup A bersama Hong Kong, Laos, Taiwan dan Palestina. Laos dan Taiwan diprediksi bisa dilewati dengan mudah oleh timas U23 Indonesia. Tapi Hong Kong dan Palestina bukan lawan yang mudah.

Hong Kong, perkembangan sepak bola dan liganya terbilang cukup bagus. Sementara Palestina, sekalipun negara ini sedang tak kondusif karena terus dirong-rong Zinonis Israel, perkembangan sepak bolanya cukup menggembirakan. Di Piala Asia U23 Januari lalu, Palestina mampu lolos hingga ke babak perempat final tapi harus kandas dikalahkan Qatar, 2-3. 

Seandainya timnas U23 Indonesia lolos jadi juara grup A, mereka akan bertemu satu peringkat tiga terbaik dari grup C, D atau E di babak 16 Besar. 

Sementara andai menjadi runner up grup A, timnas U-23 Indonesia akan bertemu runner up grup C yang bisa saja dihuni Tiongkok, Irak atau Suriah di babak 16 Besar. 

Jadi juara grup atau runner up sama-sama berat karena bakal ketemu lawan yang tidak mudah. Apalagi kalau hanya menduduki peringkat ketiga grup, jelas butuh banyak gol untuk bisa lolos sebagai salah satu tim dari empat peringkat tiga terbaik. Itupun kalau lolos ke babak 16 Besar, akan bertemu runner up grup B.

Tapi timnas U23 Indonesia punya satu kelebihan yakni dukungan pemain ke-12 atau suporter fanatiknya. Mereka berbondong bondong akan datang ke stadion untuk menyaksikan timnas U23 bertanding sekaligus memberi semangat dan dukungan penuh kepada para pemain. 

Walaupu begitu, timnas U23 tetap tak boleh menganggap remeh empat lawan yang akan dihadapi di grup A. Jangan pula merasa terbebani. Bermainlah lepas. Dan lebih utamakan kolektivitas permainan ketimbang kemampuan individu para pemain. 

Hanya sangat disayangkan uji coba melawan Timor Leste sebagai persiapan jelang Asian Games harus dibatalkan. Uji coba penggantinya pun tak sepadan karena melawan salah satu klub Indonesia. 

Semoga hal tersebut tak mempengaruhi perfoma pemain timnas U23 Indonesia saat berlaga di Asian Games nanti, Aamiin.

UntukmuIndonesiaku, AsianGames2018 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline