Motor sudah menjadi alat transportasi yang paling banyak di gunakan dan di punyai oleh masyarakat indonesia di kota besar maupun di pedesaan sudah banyak yang memiliki, banyak juga masyarakat yang suka memodifikasi nya seperti mengganti part mesin dan menambahkan aksesoris-aksesoris lainya.
Salah satunya adalah dengan mengganti klakson, alasan owner motor ingin mengganti klakson biasanya karena klakson bawaan yang di buat pabrikan kurang terdengar nyaring.
Solusinya, tentu saja adalah dengan beralih menggunakan aftermarket, banyak pilihan dan type klakson yang paling banyak di gunakan ada type disc dan snail, terdapat banyak merk seperti contoh merk yang sudah banyak di kenal seperti Denso, Hella, Bosch, PIA.
Yang akan kita bahas kali ini adalah klakson denso type snail atau masyarakat menyebutnya "klakson keong"
klakson sejuta umat itu salah satu julukannya karena sangat banyak yang suka dengan karakter suara stereonya ,Kelebihan dari klakson Denso ini adalah memiliki suara yang nyaring dan bahkan disebut tahan air. Sebagian pemilik motor kerap beranggapan, bahwa memasangnya dapat dilakukan dengan mudah.
Hanya dengan memasang unit klakson pada bagian body dan hubungkan dengan soket klakson.
Namun, cara ini tidak direkomendasikan, karena terdapat perbedaan arus antara klakson yang dibuat pabrikan dengan klakson Denso.
perlu komponen tambahan yang harus dipasang yaitu Relay
Fungsinya adalah agar listrik yang mengalir berada dalam kondisi stabil. Lalu, bagaimana cara pasang relay klakson pada motor?
cara memasang relay
terdapat 4 kaki pada relay yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda, terdapat angka di sebelah kaki : 30, 85, 86, 87
- pasang kabel ke kaki relay nomor 30 dan arahkan ke positif (+) aki (disarankan memnggunakan kabel yang tebal)
- Kedua memasang kabel bagian kaki relay nomor 87 dan di arahkan ke kedua kutub positif klakson denso (pemasangan bebas bolak balik)
- Selanjutnya ambil kabel klakson lama dan tancapkan ke kaki relay nomor 85
- lalu ambil kabel klakson satunya dan tancapkan ke kaki nomor 86
- dan hubungan kaki klakson - ke ground/body motor bisa juga ke negativ (-) aki
- rapikan perkabelan