Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Sistem Merit bagi ASN, Birokrasi, dan Masyarakat

Diperbarui: 30 November 2023   13:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sumber: Kompas.com/Firman Taufiqurrahman

Keputusan seleksi, promosi, dan pengakuan didasarkan pada kualitas dan kinerja yang objektif, bukan karena hubungan keluarga atau pengaruh politik.

Bagi saya, sistem merit bukan hanya tentang memastikan keadilan, tetapi juga alat yang kuat untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan publik.

Setidaknya, dalam kenyataan yang kita hadapi, sering tersembul pertanyaan, sejauh mana sistem ini benar-benar diterapkan dengan adil tanpa intervensi politik atau kolusi?

Mungkin, kita perlu melihat lebih dalam dan menanyakan seberapa konsisten sistem merit dalam menjaga integritasnya di tengah-tengah birokrasi yang kompleks dan sering kali penuh intrik.

Sistem Merit bagi Bursa ASN

Sistem merit membawa dampak positif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam berbagai aspek, mencakup peningkatan kinerja, motivasi, dan akuntabilitas.

Peningkatan kinerja ASN menjadi fokus utama, seiring sistem ini mendorong evaluasi berdasarkan kualitas dan kinerja yang objektif.

Mengutip dari, courses.lumenlearning.com menyatakan bahwa keberadaan sistem merit mendorong ASN untuk terus meningkatkan kualitas kerjanya, dengan harapan meraih pengakuan dan promosi berdasarkan prestasi yang dapat diukur secara objektif.

Selain itu, motivasi ASN juga menjadi poin penting dalam implementasi sistem merit. Para ASN merasakan dorongan untuk meningkatkan kinerja karena menyadari bahwa promosi dan pengakuan akan didasarkan pada evaluasi yang obyektif.

Dengan demikian, sistem ini menciptakan lingkungan kerja yang adil, memotivasi ASN untuk mencapai prestasi tinggi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline