Lihat ke Halaman Asli

Heru Subagia

Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

HUT PAN ke-25 Bukan Panggung Politik untuk Prabowo Subianto

Diperbarui: 28 Agustus 2023   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.DPP PAN

Ada yang beda dalam penyelenggaraan Hari Ulang Tahun PAN kali ini. Diperkirakan jika agenda HUT PAN dalam situasi dan kondisi tegang dan gugup. Saat ini  kondisi arah politik PAN sudah memutuskan mendukung pencalonan Prabowo Subianto tetapi segenap warga politik PAN belum dilibatkan. 

Fenomena ini akan menjadib ola api yang sangat liar,  wacana dan juga tindakan politik yang sangat delimatis di HUT PAN yang ke-25 dan akan menyulut hubungan elite partai dan juga kader partai kemungkinan akan tegang.

Peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT) Partai Amanat Nasional ( PAN) Ke-25  akan diselenggarakan di Jakarta mulai hari ini, Senin,  tanggal 28 -30 Agustus 2023. Dalam HUT PAN tersebut rencana akan dihadiri oleh Calon Presiden  Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erich Thohir dan sejumlah tamu undangan VIP lainnya.

Sesuai jadwal, Prabowo Subianto  secara khusus akan memberikan sambutan resmi di hadapan ribuan kader PAN. Sayangnya, belum ada kepastian kehadiran Presiden RI Joko Widodo yang semula tercatat dalam daftar hadir nampak tidak tertera lagi dalam catatan jadwal acara  resmi pelaksanaan HUT RI Ke-25.

Jika melihat dan memperhatikan rangkaian  sejumlah agenda acara HUT PAN Ke-25 bisa disimpulkan jika perayaan ulang tahun ini hanya untuk legitimasi politik tertentu.  Diduga juga akan nihil ada agenda politik nasional dan nihil rekomendasi serta  perumusan sebuah keputusan politik nasional bersifat universal.  Jika ada, itu pun agenda yang dipaksakan bukan aspirasi kader dan pengurus partai sebagai bagian pemilik PAN secara utuh.

Acara HUT PAN diduga hanya akan dijadikan panggung legitimasi sepihak pencapresan Prabowo Subianto yang sudah mengantongi dukungan dari elite partai PAN tetapi belum setujui dan disahkan oleh kader partai sendiri.

Besar kemungkinan jika HUT PAN kali ini akan diarahkan untuk menjadikan Erich Thohir berpasangan dengan Prabowo Subianto sebagai cawapresnya. Bagi Erich sangat halal untuk menggunakan panggung HUT PAN untuk mengerek dan juga melegitimasi kan secara total bahwa PAN dukung Erich Thohir sebagai wakil presiden. 

Erich Thohir sudah lama bergaul dengan Entitas PAN dan diduga juga sudah merogoh kocek cukup besar untuk memberikan sumbangan bagi kegiatan politik PAN. Tidak ada masalah    kehadiran Erich Thohir di HUT PAN sebagai tokoh PAN dan juga bentuk wacana deklarasi dukungan  Erich Thohir cawapres dan jika memungkinkan elite PAN akan mengumumkannya di sela -sela acara HUT PAN tersebut. Yang jadi masalah justru nama Prabowo Subianto-nya.

Berkaca pada agenda  Rakernas 2022 bersamaan dengan HUT PAN yang ke-24 , justru PAN berhasil mengagendakan rumusan keputusan serta rekomendasi berkaitan Pencalonan Presiden 2024. Rakernas PAN berhasil menghasilkan 9 nama bakal calon presiden, meliputi 3 kluster yakni Kepala Daerah, Ketua Umum Partai dan  Profesional.

Sejumlah Nama populer yang masuk capres adalah  Ganjar Pranowo , Anies Baswedan ,Puan Maharani, Erich Thohir dan Ketum PAN sendiri Zulkifli Hasan . Nama Prabowo Subianto sendiri tidak tercantum dalam rekomendasi 9 nama capres dari PAN.

Boleh saja Prabowo Subianto akan menjadi salah satu aktor yang menguasai panggung di acara HUT PAN tersebut. Prabowo Subianto akan hadir sebagai pembicara dan diberikan waktu untuk mengenalkan diri di depan kader dan pengurus partai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline