Lihat ke Halaman Asli

Heru Subagia

Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

Benarkan PAN Akan Konsisten Dukung Prabowo Subianto Sampai Tuntas?

Diperbarui: 22 Agustus 2023   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Menguji Komitmen PAN Lanjut Dukung Prabowo Atau Membelot Ketika Elektabilitas Ganjar Pranowo Rebound?

Pada akhirnya Partai Amanat Nasional (PAN)  memutuskan Prabowo Subianto sebagai bakal Calon Presiden 2024. Keputusan ini menjadi sebuah kontroversi diinternal organisasi PAN. Keputusan yang dirasa tiba-tiba dan disinyalir banyak keganjilan.

Menjadi pertanyaan besar jika tiba-tiba naiknya elektabilitas atau tingkat keterpilihan Partai Amanat Nasional (PAN)  diklaim berhubungan langsung dengan keputusan politik Pencapresan. PAN pada akhirnya  di bawah kepemimpinan Ketua Umum Zulkifli Hasan (Zulhas) mendukung calon presiden Prabowo Subianto.

Trend positif PAN yang semakin diterima oleh masyarakat dari bulan ke bulan menunjukkan tren membaiknya animo masyarakat menerima PAN diantara banyak partai besar yang lebih eksis duluan. Saat ini PAN masih terlempar sebagai partai yang berada di deretan parpol papan atas, bahkan PAN selalu dicap sebagai parpol yang selalu menjadi under dog dari hasil survey  politik, perolehan elektabilitas Selakau di bawah 2 persen.

Saat ini , PAN menjadi partai dengan genre politik berbeda  berbeda, sedang digandrungi anak muda dan menjadi  partai modern dan  partai terbuka atau majemuk dengan mengambil sikap tegas politik ide dan gagasan.

Deretan barisan artis menjadi kekuatan besar dalam daya dongkrak elektabilitas, menjadi magnet khusus bagi kawula muda. Tagline PAN ..PAN ...menjamur di semua lapisan masyarakat dibarengi dengan santernya iklan politik yang bertebaran di media online,TV dan iklan berbayar lainnya.

Bukti kerja keras kader dan juga kegesitan Ketua Partai Zulkifli Hasan menjadi nahkoda partai berlogo matahari bersinar yang menjadi portofolio utama menjadikan PAN  menjadi salah satu karya yang akan  menembus ambang batas 'parliamentary threshold.

Kerja-kerja  politik Zulhas dan kader di bawah  dinilai membuahkan hasil dan memastikan tiket PAN ke Senayan dan apa yang menjadi target PAN memperoleh 60 kursi DPR RI akan tercapai. Dengan tercapainya target tesebut PAN diprediksi akan menjadi 5 partai besar nasional yang akan mewarnai penuh dinamika dan kontestasi politik nasional.

Pertanyaannya, apakah elektabilitas PAN akan konsisten naik paska deklarasi dukungan ke Prabowo Subianto? Apakah PAN akan konsisten mendukung Prabowo Subianto sampai tuntas ?

Perlu dicermati  hasil survei politik yang saat ini menjadi acuan data angka PAN memperoleh kenaikan elektabilitas terbaru bukan menjadi patokan untuk menjustifikasi elektabilitas PAN naik karena dukungannya ke capres Prabowo.

 Perhatikan secara seksama  jika  yang dirilis lembaga survei Indikator Politik diumumkan pada Jumat 18 Agustus 2024 dengan data survey responden dipakai sebelum PAN mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline