Lihat ke Halaman Asli

Heru Subagia

Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

Menghitung Peranan Indonesia dalam KTT G20 Tanpa Kehadiran Rusia- Ukraina dan Elon Musk

Diperbarui: 15 November 2022   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kompas.com


Total 17 Kepala Negara Hadir Di KTT G20 Bali , Elon Must dan Putin Batal.  

"Tidak ada kepentingan penting dan  signifikan dalam KTT G20 Bali  ,Vladimir Putin dan Elon Must Batal  Datang".

Petikan kesimpulan tersebut sebagai jawaban  alasan batalnya kedua bintang tamu KTT G20 di Bali. Suatu negara sebagai upaya menjalankan politik luar negerinya wajib  berpikir tentang bagaimana  menciptakan dan mengejar kepentingan nasionalnya tercapai maksimal.

 Batalnya Putin Sebagai Kepala Negara Super  Power  dan Elon Must  Penguasa ekonomi tersebut  semakin menambah keyakinan jika arah dan tujuan agenda KTTG20  akan semakin kabur dan tidak  jelas. Memberikan gambaran anggota  G20 tidak kuat dan kompak. Bahkan kelompok G20 akan terancam bubar paska KTT G20 Bali.

Presiden Rusia Vladimir Putin dapat dipastikan  membatalkan kedatangannya ke KTT G20 Bali. Kemenlu Rusia juga menyatakan bahwa Putin tidak hadir juga secara virtual. Artinya Putin meninggalkan total semua rangkaian agenda KTT G20.

Sementara berita kurang baik  datang dari  Elon Must. Sang pemilik Tesla Motor, SpaceX dan Twitter tersebut gagal memenuhi undangan sebagai Tamu VVIP dalam Forum B20 atau B20 Summit.

Dua orang super nyentrik di dunia ini terkonfirmasi secara pasti tidak bisa mengikuti acara dalam keseluruhan kegiatan KTTG20. Putin memastikan jika pembatalan terjadi karena masih banyak urusan domestik yang mengharuskan kehadirannya ,sementara Elon Must belum bisa terkonfirmasi alasan pembatalan.

Berita pembatalan Uji dinamis  Kereta Api  Cepat Jakarta-Bandung  yang sedianya akan dilakukan Presiden Jokowi dan Presiden China  Xi Jinping(16/11)   menambah  deretan berita buruk menjelang pelaksanaan KTT G20 Bali.

Agenda KTT

Group G20 yang terdiri dari 20 negara berbagai benua akan dijadwalkan menggelar KTT G20 si Bali ,15-16 November 2022 di Bali Indonesia. Secara bersamaan ,Indonesia dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan KTT sekaligus ditunjuk Presidensi G20.

Agenda KTT G20 membahas isu -isu multilateral berkaitan ekonomi dunia dan perdamaian dunia. Dua substansi pembahasan saling berkaitan dimana Krisis Perang Rusia -Ukraina  melibatkan pihak berperang dan para pendukungnya kemudian perang yang sedang berlangsung  memicu krisis multi dimensi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline