Lihat ke Halaman Asli

Heru Subagia

Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

Puluhan Relawan Ganjar Getarkan Jakarta

Diperbarui: 28 Oktober 2022   06:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Pribadi 


Kolaborasi Relawan Ganjar Dukung Total Presiden 2024 akan digelar hari ini ,bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 di Tugu Proklamasi Jakarta Pusat. 

Sekitar 80-an organ Relawan Ganjar akan mengikuti prosesi  Sumpah Relawan dan akan melibatkan kurang lebih 3000 peserta dari  unsur organ Relawan Ganjar.

Harmonisasi dengan Tekad Sumpah Relawan dalam mendukung Ganjar Presiden menjadi fenomena  sangat unik. Ganjar baru saja dipanggil DPP Perjuangan untuk mempertanggungjawabkan deklarasi dirinya kesiapan menjadi capres 2024.

 Berakhir dengan sanksi lisan,tidak menyurutkan semangat relawan terus kawal dan menegaskan kembali dukungan Ganjar Pranowo sebagai capres yang layak diusung oleh semua partai. 

 Kesiapan Ganjar untuk dicalonkan oleh siapa saja mengandung arti jika Ganjar sudah mendapatkan angin segar dari dukungan politik berbagai pihak. Ganjar berani mendeklarasikan sebagai capres tidak mungkin tanpa adanya portofolio.

Gerakan Politik Relawan Ganjar yang tergabung dalam Kolaborasi Relawan Ganjar dimaknai sebagai pengakuan defacto masyarakat luas yang terwakili dalam organ relawan. Gerakan ini bisa dikatakan sebagai cikal bakal pengakuan eksistensi politik Ganjar dalam posisi tawar sebagai capres potensial.

Kerja - kerja politik Relawan Ganjar jauh -jauh hari sudah digaungkan dan secara simultan mewarnai isu dan pergolakan politik pencapresan . Gebrakan relawan sudah pecah dimana -mana dan malu menusuk ke jantung stage holder pihak yang mempunyai otorisasi formal pencapresan. 

Puncak kegiatan Relawan Ganjar terjadi hari ini. Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda dan Ulang Tahun Ganjar Pranowo ,28 Oktober 2022.

Penulis berpendapat jika Kolaborasi Sumpah Relawan Nasional Mendukung Total Ganjar RI mempunyai target politik khusus. 

Pertama ,Organ Relawan Ganjar yang menyatakan dukungan dan tergabung dalam Kolaborasi Relawan berjumlah sangat besar . Tercatat organ relawan capres terbesar saat ini. Kumpulan relawan yang terorganisir ini sebagai kekuatan dukungan politik non partai.

Kedua, Sumpah Relawan bisa diartikan sebagai dukungan otentik yang dituangkan dalam kesepakatan bahasa yang sama yakni mendukung total Ganjar Presiden . Ganjar memperoleh pengakuan fisik dan pengakuan verbal dari organ relawan nasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline